Bagaimana Cara Membeli Rumah Lelang?

Bisnis – Untuk memiliki rumah, Anda bisa membelinya secara tunai maupun kredit. Selain kedua cara tersebut, ada opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu lelang penyitaan bank. Apa itu lelang rumah yang diambil alih bank dan bagaimana cara membelinya?

Lelang rumah sitaan bank, yaitu rumah nasabah KPR yang gagal melunasi cicilannya. Debitur yang menemukan kredit macet akan disita oleh bank, kemudian akan dilelang untuk dijual di kemudian hari. Lalu, apakah worth it untuk dibeli? Rumah lelang sitaan bank cukup menggiurkan. Selain karena bangunannya sudah jadi, harganya juga relatif lebih murah dibandingkan rumah baru.

Apa Arti Rumah di Lelang?

Rumah lelang adalah rumah yang ditawarkan oleh bank karena pemilik atau debitur tidak mampu melunasi cicilan kredit.

Tips membeli rumah lelang:

Kunjungi Kantor Cabang Bank

Setelah mendapatkan informasi tentang bank mana yang disita, pergi ke kantor cabang tempat pembeli melakukan pinjaman rumah. Jika Anda sudah berada di kantor cabang, Anda tinggal menemui customer service untuk bisa mendapatkan informasi cara membeli lelang tersebut.

Baca Lainya:  Contoh dan Keuntungan Investasi Yang Perlu anda Segera Coba

Periksa Surat

Meski pihak bank sudah memastikan kelengkapan dokumen rumah yang akan dilelang, Anda tetap harus mengecek ulang. Dokumen yang harus diperiksa antara lain izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat tanah dan rumah, serta pajak bumi dan bangunan.

 

Pelajari Perjanjian Kredit

Sebaiknya Anda mempelajari dan memahami Perjanjian Kredit (PK) dan Akta Hak Tanggungan (APHT) beserta dokumen lainnya mengenai perjanjian bank dengan pemilik rumah. Fungsi PK menjelaskan secara lengkap tata cara pelelangan rumah. Jika sudah ada kesepakatan tertulis antara pihak bank dengan pemilik rumah sebelumnya, maka tidak akan ada masalah dengan rumah tersebut.

Siap Siaga dengan Notaris

Menghubungi notaris paling lambat 2 minggu sebelum proses lelang berlangsung adalah cara yang tepat. Dengan didampingi notaris, segala hal yang berkaitan dengan legalitas KPR akan terasa lebih terjamin.

Apakah Rumah Lelang Bisa di KPR?

Sebagian besar proses lelang rumah mengharuskan pembeli segera melunasi rumah agar DP yang telah diberikan tidak hangus. Namun dengan membeli rumah lelang BTN, Anda bisa memilih skema pembayaran KPR dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Baca Lainya:  5 bisnis sampingan modal 500 ribuan yang patut anda coba

 

Mengapa Dilaksanakan Kegiatan Lelang?

Tujuan dan Fungsi Lelang

Lelang merupakan kegiatan yang tentunya tidak luput dari tujuan dan fungsi. Fungsi lelang terbagi menjadi dua, yaitu lelang privat dan publik. Berikut penjelasannya.

Fungsi Publik

Fungsi ini terbentuk jika ada instrumen khusus dalam tugas-tugas umum pemerintahan oleh aparatur negara, hal ini terkait dengan:

  • Meningkatkan penerimaan negara dari bea lelang.
  • Upaya peningkatan efisiensi dan tertib administrasi melalui penanganan kekayaan negara.
  • Pelayanan penjualan produk dengan tertib, cepat, aman dan harga normal.

Berbagai Macam Barang Lelang:

Ada beberapa barang yang umumnya menjadi obyek lelang. Termasuk yang berikut ini.

 

Seni

Anda akan sering menemukan barang-barang seni yang sukses dijual dengan harga fantastis. Biasanya, penjualan ini melalui proses lelang. Bagi para kolektor seni, memiliki barang-barang seni edisi terbatas adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Sehingga mereka tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Rumah

Lelang rumah biasanya diadakan oleh bank. Biasanya, rumah menjadi jaminan bagi debitur yang tidak mampu melunasi pinjamannya.

Kendaraan

Seperti halnya rumah, tak jarang kendaraan menjadi jaminan nasabah yang dilelang bank karena tak mampu melunasi pinjaman. Selain itu, lelang kendaraan edisi terbatas kerap digelar. Misalnya mobil jadul yang hanya ada satu unit di dunia.

Baca Lainya:  Untuk Masa Depan, Pilih Mana Investasi Rumah atau Tanah?

Perhiasan

Lelang perhiasan biasanya diadakan oleh komunitas tertentu di sebuah acara. Biasanya perhiasan juga sering menjadi objek lelang gadai dari anggota yang tidak mampu melunasi hipoteknya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.