Bagaimana Cara Translate di Google Doc? Ada Cara Mudah yang Bisa Kamu Coba!

cara translate di google doc

Jadiberkah.com – Google Docs adalah gambaran dari word tapi dalam bentuk online, dan diperlukan sekarang di banyak tempat kerja. Jika ditemukan Google Doc dalam bahasa asing, maka bagaimana cara translate di Google Doc? Termyata bisa dengan beberapa langkah yang mudah. 

Google Doc sendiri memiliki fitur penerjemah jadi tidak usah bingung dan harus cari situs online lain untuk menerjemahkannya. Jika diperlukan, anda bisa membandingkannya dengan situs online terpercaya lainnya untuk pelengkap.

Biasanya, jika dalam suatu fitur Google terjemahannya cukup bagus, apalagi fitur atau layanan didalamnya menyediakan terjemahan tersendiri jadi lebih lengkap. Tidak seperti Google Translate yang hanya untuk kebutuhan umum.

Ini Cara Translate di Google Doc

Layanan Google Doc sering dimanfaatkan untuk membuat segala jenis dokumen. Selain itu, ada pula fitur menterjemahkan ke dalam bahasa lainnya. Hal ini tentu untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Fitur ini sudah lama ada, tetapi baru banyak yang tahu sekarang dikarenakan kebutuhan zaman yang semakin dituntut, salah satunya adanya terjemahan secara khusus. Terjemahannya cukup mudah dipahami dan akan mahir jika tahu tata caranya. 

Baca Lainya:  Ingin Mengubah Hobi Menjadi Usaha! Yuk Coba Usaha Mie Ayam Rumahan

Fitur Penerjemah

Google Document kini memiliki alat penerjemah yang dapat Anda gunakan tanpa memerlukan aplikasi lainnya. Bagaimana cara translate di Google Doc? Caranya pun cukup mudah, Anda cukup menekan menu “Tools” lalu tekan “Translate Document”. Agar lebih mudahnya, sebaiknya Anda ikuti langkah lengkap berikut di bawah ini, yang diantaranya adalah:

  1. Pastikanlah Anda memiliki akun Gmail yang aktif. Jika belum, buatlah terlebih dahulu.
  2. Login-lah ke dalam akun tersebut
  3. Unggah dokumen yang akan Anda dialihbahasakan ke dalam Google drive. Caranya klik kanan, unggah file. Pilih dari dokumen dari folder tersimpan.
  4. Ketika sudah terunggah, klik kanan dokumen tersebut. Pilihlah “Open With” lanjutkan dengan “Google Docs”
  5. Kemudian akan dilanjutkan dengan proses mengaluh bahasakana. Pilihlah menu “Tools”. Lanjutkan dengan “Translate Document”
  6. Pilihlah bahasa yang Anda Inginkan. Lanjutkan dengan “Translate”
  7. Jika sudah terproses, periksa sekali lagi apakah harus ada yang dicek ulang. Misalnya grammar dan lain sebagainya,
  8. Jika sudah selesai, Anda dapat menyimpannya langsung. Pilihlah menu “file” lalu “Download”. 
  9. Lanjutkan dengan memilih menu format yang Anda inginkan.
  10. Simpan pada folder tertentu.
  11. Selesai.
Baca Lainya:  Bagaimana Cara Menerjemahkan Laman di Google Chrome, Ada 2 Langkah Mudah!

Anda pun dapat menerjemahkannya dalam bentuk “Smart Quotes”. Caranya mudah. Ketikan karakter tanda kuti (“) maka, google Docs akan secara otomatis mengubahnya (‘)menjadi tanda kutip koma (‘). Fitur rini dinamakan “Smart Quotes”

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah melihat kembali hasil terjemahan tersebut. Terutama jika itu adalah dokumen penting yang memang memerlukan ketepatan penggunaan tata bahasa. Perbaikilah jika ditemukan kesalahan pengalihbahasaan.

Setelah Anda menguasai bagaimana cara translate di Google Doc? Tentu tak perlu lagi repot-repot menggunakan aplikasi alih bahasa yang lainnya. pekerjaan dokumen pun akan cepat selesai. Menarik sekali bukan ulasan yang sudah kami rangkum di atas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah!

Baca Lainya:  3 Resep Kue Kering Terbaru dan Unik Untuk Menyambut Hari Raya Besar 2021

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.