Bagaimana Cara Buat Google Calendar? Professional Wajib Tahu Caranya!

Bagaimana cara buat Google Calendar

Jadiberkah.com Adanya Google Calendar, membantu para pekerja atau pengguna secara online untuk membuat acara atau agenda secara online, selain itu terdapat tambahan khusus berupa pengingat di HP yang terhubung langsung lewat online. Jadi, bagaimana cara buat Google Calendar?

Patinya perlu kuota berupa internet dan akun Gmail yang aktif sehingga layanan Google Calendar muncul. Masalahnya walaupun sudah tersedia, bagaimana memfungsikannya agar aktif dalam penggunaannya?.

Bisa ikuti langkah-langkah yang ada agar bisa membuat jadwal atau acara dan sekaligus diingatkan oleh Google dengan cara tertentu yang sudah dipilih. Pilih cara yang mudah agar gampang dipahami.

Aplikasi Google Calendar

Apabila ponsel Anda tidak ada aplikasi Google Calendar. Anda dapat melakukan pengecekan aplikasi Gmail terlebih dahulu. Pada bagian kanan terdapat aplikasi Gmail dengan ketersediaan setting untuk mendapatkan akses menuju Google Calendar.

Anda dapat melakukan pengunduhan aplikasi pada Google Play Store dan cara buat Google Calendar dapat dilakukan dengan mudah, yang pastinya bisa membantu Anda memanage jadwal harian.

Baca Lainya:  Jurusan Bahasa Di SMA Mempelajari Apa Saja? Kamu Harus Tahu Jika Ingin Masuk Jurusan Bahasa!

Bagaimana Cara Buat Google Calendar?

Bagi Anda yang ingin membuat kalender untuk membuat agenda acara, misal ingin membuat kalender “pertandingan basket” bisa melakukan pelacakan latihan maupun pertandingan mendatang.

 Anda hanya perlu membuat kalender baru dari Browser bukan melalui Aplikasi Google Calendar. Usai kalender dibuat, Anda dapat menemukannya melalui browser maupun di aplikasi sebagai berikut:

  1. Buka Google Calendar melalui Komputer maupun laptop
  2. Pada bagian kiri tertulis “Kalender lainnya”, klik tambahkan kalender lain +, kemudian buat kalender baru.
  3. Tambahkan nama maupun deskripsi pada agenda Anda
  4. Kemudian, klik buat Kalender
  5. Apabila Anda ingin membagikan kalender, klik pada kalender tersebut pada kotak kiri. Kemudian, Anda dapat memilih bagikan dengan orang tertentu.
Baca Lainya:  Cari Tahu Apa Saja Perbedaan Kosmetika dengan Obat

Tips untuk Memahami Fungsi dari Google Calendar

Apabila Anda sudah dapat membuka Google Calendar maupun membuat jadwal. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memahami kegunaan dari aplikasi tersebut:

  1. Buka Google Calendar dengan masuk ke Gmail lebih dahulu.
  2. Hidupkan setting notification pada kalender untuk memberitahu terkait jadwal yang sudah diagendakan.
  3. Anda dapat melakukan pengaturan jadwal meeting maupun mencari waktu kosong dengan teman. Caranya mudah dengan membuka akses link pada tanggal secara bersamaan.
  4. Apabila Anda ingin mengatur jadwal melalui ponsel lain. Jangan lupa untuk melakukan ekspor maupun impor jadwal pada Google Calendar agar tidak ada agenda bentrok.
  5. Anda perlu membuka pengaturan untuk mengatur banyak agenda apabila acara yang Anda ikuti berlangsung lebih dari satu hari.
  6. Anda perlu membuka setting pada bagian bawah kalender dan klik sharing untuk berbagi maupun membuat jadwal bersama teman.
Baca Lainya:  Seperti Apa Pentingnya Rumus Google Finance Bagi Investasi?

Anda juga dapat membuat ekstensi dari Google Chrome untuk menampilkan Google Calendar pada layar laptop. Itulah informasi lengkap seputar cara buat Google Calendar untuk agenda Anda. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.