Berikut 5 Cara Membuat Google Drive Bisa Diakses Orang, Wajib Tahu!

cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang

Jadiberkah.com Karena Google Drive banyak digunakan di era digital ini, maka terdapat beberapa cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang. Dengan begitu, akses cepat dan banyak pengguna yang tidak dibingungkan dalam membuat layanan ini.

Lewat Gmail, semua bisa terselesaikan, karena dalam pembuatannya membutuhkan akun Google yang aktif dan akun ini akan otomatis terhubung dengan Gmail, beserta fitur-fiturnya. Mulai dari membagikan dokumen, kerja kolaboratif, dan untuk kepentingan individu.

Pencadangan tugas dan mengarsipkan atau mengumpulkan data di GDrive secara mudah dengan kecanggihan teknologi yang ada. Tanpa itu pun, kita tidak akan kerja secara efektif atau bahkan maksimal di era seperti ini. 

Berikut adalah cara pembuatan mudahnya!

Baca Lainya:  4 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan, Berikut Dengan Pengolahannya

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Oleh Semua Orang

Cara membuat Google Drive bisa diakses orang, penerima harus terlebih dahulu mendapatkan tautan ke link tersebut. 

  • Login ke akun Google Drive, langsung pilih file yang akan diubah status permissionnya.  Klik kanan pada dokumen, akan muncul beberapa opsi yaitu: “pratinjau” > “buka dengan” > “bagikan” > “dapatkan tautan yang bisa dibagikan”, dan lainnya. Pilih opsi “bagikan”.
  • Tampilan pada layar akan ada tulisan “wait” atau “menunggu”, yang berarti sedang proses.
  • Selanjutnya akan muncul di layar “Bagikan dengan orang lain” > “Dapatkan tautan yang dapat dibagikan…”. Klik untuk mendapatkan tautan.
  • Tekan ikon seperti rantai berwarna hijau pada layar yang menandakan file publik, yang artinya memberikan akses file untuk publik
  • Akhiri dengan mengklik “Beres”
Baca Lainya:  Bagaimana Cara Mengedit Spreadsheet dengan Baik? Lakukan 2 Hal Mudah Ini

Selain itu, Anda bisa juga mengirimkan file dari Google Drive ke email melalui opsi share. Pilih ‘People’ untuk memasukkan alamat email yang dituju.

Tak perlu takut telah memberikan akses untuk melihat dokumen Anda. Penerima akses tidak serta merta bisa membagikan ulang dokumen itu ke lain pihak dengan semaunya.

Google telah membuat batasan-batasan terkait hak dan privasi sebagai antisipasi pencegahan kebocoran data penting. 

Begitulah cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang, solusi praktis untuk meringankan pekerjaan Anda. Pastikan saja apabila file yang Anda bagikan bersifat informasi dan bukan data penting perusahaan atau informasi sensitif.

Baca Lainya:  Cara Praktis Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang di HP dan Laptop

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.