Cara Membuat Link Google Drive, Ikuti Langkah-langkahnya!

cara membuat link Google Drive

Jadiberkah.com Google Drive memiliki pesona dalam pencadangan file, sehingga tidak heran banyak pengguna memakainya di era pandemi ini, apalagi penyimpanan secara online. Cara membuat link Google Drive cukup mudah, praktis dan cepat. 

Agar cepat, pahami langkah-langkahnya dulu dalam membuat, kemudian isi G-Drive yang dipunya dengan data yang dibutuhkan sepuasnya. Lalu dilihat data yang bisa masuk yang diantaranya adalah gambar, audio, video, dan format lainnya.

Terlebih layanan yang disediakan meliputi, versi gratis dan berbayar. Untuk berbayar kapasitas penyimpanannya tak terbatas, sedangkan versi gratis maksimal 15 GB, tetapi lumayan bagi pengguna biasa yang butuh pencadangan file penting atau tertentu.

Cara Membuat Link Google Drive Tanpa Ribet dan Mudah Dikerjakan

Cara membuat link Google Drive melalui laptop dianggap lebih mudah dan praktis. Pemakaian kapasitas Google Drive gratis sekitar 15 GB untuk akun baru. Berikut tata cara membuat link mudah untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda:

Baca Lainya:  Ini Alasan Kenapa Harus Menyimpan File di Google Drive, Ada Keunggulannya Juga!

Login ke Google Drive

Anda bisa membuka browser pada laptop, setelah itu Anda dapat masuk menggunakan akun Google maupun Gmail yang Anda miliki. Apabila berhasil masuk, Anda dapat menuju halaman drive.google.com. guna masuk ke situs Google Drive.

Sebelum Anda melakukan share link Google Drive untuk dibagikan ke teman-teman. Anda perlu mempunyai data yang akan dibagikan. 

Lakukan Beberapa Setting Sebelum Dibagikan

Apabila Google Drive masih kosong belum ada data yang dimasukkan, maka Anda harus mengisi data lebih dahulu dengan klik New. Kemudian, Anda bisa menentukan jenis data yang ingin diunggah.

Anda bisa memasukkan data dari laptop dengan klik “File Upload” maupun “Folder Upload”. Setelah itu, Anda bisa memilih data yang bakal dibagikan. Kemudian, klik kanan data tersebut dan memilih “Get Link”.

Baca Lainya:  Jadikan Pekerjaan Sebagai Ladang Pahala

Lalu, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan yang ada. Pertama, Anda dapat memilih pengauran siapa yang dapat membuka data Google Drive.

 Selain itu, Anda dapat memilih “Restricted” untuk melakukan pembatasan maupun pilih “Anyone With The Link” untuk membuat semua orang yang memiliki akses link tersebut dapat masuk dan melihat dokumen Anda.

Copy Link Lalu Bagikan ke Orang Lain atau Teman

Apabila Anda pilih “Anyone With The Link” Anda dapat mengatur hak akses orang lain. Anda bisa memilih “Viewer” agar orang lain hanya dapat melihat tanpa melakukan edit data. 

Kemudian, terdapat pilihan “Commenter” agar orang lain hanya dapat memberikan komentar. Selanjutnya, “Editor” pilihan tersebut memberikan akses orang lain untuk melakukan perubahan data. 

Setelah semua pengaturan membuat link Google Drive selesai, Anda dapat melakukan “Copy Link” untuk salin tautan link Google Drive.

 Anda dapat secara langsung membagikan Google Drive tersebut untuk mengirim link yang telah disalin ke email maupun aplikasi pesan Whatsapp maupun media sosial lain. Itulah cara membuat link Google Drive praktis dan mudah dilakukan. Selamat mencoba!

Baca Lainya:  Cara mendaftar kartu prakerja lengkap dan terbaru

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.