Cara Memulai Bisnis Sawit

Jadiberkah.com – Perkebunan kelapa sawit dapat dengan mudah anda temukan di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya di pulau Sumatera dan Kalimantan. Budidaya tanaman satu ini menawarkan keuntungan tinggi bagi para pelaku usahanya.

Kelapa sawit sendiri adalah bahan baku untuk pembuatan minyak goreng. Dengan permintaan kelapa sawit yang tinggi di pasar global menjadikan kelapa sawit sebagai komoditas andalah ekspor negara Indonesia.

Nah, bagi anda yang saat ini tertarik memulai bisnis kelapa sawit. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis ini, antara lain yakni :

Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Memulai Bisnis Kelapa Sawit ?

 

  1. Persiapkan Lahan

Cara pertama yang perlu dilakukan ketika Anda berencana dan hendak untuk memulai bisnis kelapa sawit yaitu mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Lahan yang akan Anda butuhkan disini untuk budidaya kelapa sawit tentunya cukup luas.

Karena nantinya penanaman kelapa sawit dilakukan secara massal dengan tujuan agar keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Dalam hal ini Anda bisa membeli atau menyewa lahan yang berada di area dekat dengan hutan ataupun area pinggiran agar di sini harganya jauh lebih terjangkau.

Baca Lainya:  Dampak Resesi dan Cara Menghadapinya

Namun yang perlu untuk diperhatikan yaitu, pastikan lahan yang hendak Anda tanami kelapa sawit benar-benar diperoleh secara legal. Jangan lupa juga untuk Anda memperhatikan mengenai kemudahan transportasi menuju ke lahan tersebut.

Pemilihan lahan yang bagus untuk menanam kelapa sawit yaitu berupa tanah yang memiliki kandungan mineral yang cukup. Hindari memilih lahan gambut ataupun rawa. Dalam satu hektar lahan, Anda bisa menanam kelapa sawit sebanyak 180 pohon hingga 200 pohon.

  1. Gunakan Bibit Unggul

Setelah di sini Anda memperoleh area yang benar-benar tepat untuk dibuat lahan menanam kelapa sawit, maka selanjutnya Anda perlu memilih bibit yang benar-benarterbaik dan berkualitas serta termasuk bibit yang unggul. Panen kelapa sawit di sini akan terasa memuaskan jika Anda memulainya dengan cara menanam bibit yang mempunyai kualitas terbaik.

Baca Lainya:  Langkah Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Beternak Ayam Petelur

Pilihlah bibit kelapa sawit yang sudah diketahui kelebihan dan sifatnya. Setidaknya di sini terdapat dua jenis bibit kelapa sawit yang nantinya bisa Anda gunakan, yaitu bibit sawit berupa tanaman yang berukuran kecil atau bibit yang berupa biji.

Namun sangat disarankan bagi Anda tidak memakai bibit yang berupa biji yang berasal dari alam. Karena disini Anda masih belum mengetahui bagaimana kualitas dari biji tersebut. Perlu untuk diingat, bahwa pemilihan bibit merupakan hal yang sangat penting saat ingin menjalankan bisnis kelapa sawit.

  1. Pilih Tenaga Kerja yang Competent

Dalam menjalankan bisnis kelapa sawit, maka tentunya Anda akan memerlukan banyak sekali pekerja. Anda tidak bisa mengelola kebun kelapa sawit hanya seorang diri. Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk merekrut serta mencari tenaga kerja yang benar-benar kompeten untuk bisa menggarap kebun kelapa sawit milik Anda.

Dan jangan lupa pula untuk memperhitungkan berapa besar biaya serta modal yang dibutuhkan untuk membayar para pegawai.

Baca Lainya:  Cara Menabung Emas Di Rumah Dengan Aman
  1. Gunakan Jasa Manajemen yang Profesional

Di dalam menjalankan bisnis kelapa sawit, Anda akan mengenal adanya jasa manajemen yang mana bertugas dalam mengelola lahan. Jasa manajemen perkebunan kelapa sawit umumnya akan memberikan pendidikan mengenai pengelolaan lahan dengan cara yang tepat dan benar. Anda perlu memilih manajemen yang benar-benar mempunyai reputasi baik serta terpercaya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.