Langkah Persiapan Pensiun Yang Perlu Anda Ketahui

Pekerjaan – Dalam dunia kerja, Masa Prepare Pensiun yaitu rentang waktu yang diberikan pada pegawai swasta maupun sipil untuk dipakai sebagai persiapan menjelang pensiun. Rentang MPP ini lazimnya yaitu 1 tahun sebelum masa pensiun.

Di dalam masa itu seorang karyawan atau pekerja secara berkala akan dibebas-tugaskan oleh perusahaan dari pekerjaan dan juga rutinitasnya sekalipun masih berstatus sebagai seorang karyawan.

Masa Prepare Pensiun atau MPP dapat diartikan sebagai masa peralihan untuk pekerja yang melepaskan pekerjaannya. Namun, hal ini tidak berhubungan dengan prepare pembiayaan hidup di masa pensiun. Oleh karena itu, prepare pensiun pekerja swasta perlu dilakukan secara mandiri sejak dini.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pensiun?

 

Persiapan masa pensiun bukan berarti perlu menjalani hidup yang berat di masa produktif kerja. Dengan planing dan langkah yang tepat, Anda dapat melakukan prepare masa pensiun dengan lebih ideal. Berikut ini yaitu beberapa tips prepare pensiun.

  1. Ketahui Sisa Masa Produktif

Menyadari posisi di mana Anda berada sangatlah penting untuk prepare pensiun. Posisi bisa berupa posisi finansial, dan lainnya. Jika Anda berusia 26 tahun dan akan pensiun di usia 58 tahun, maka tersisa 32 tahun masa produktif.

Baca Lainya:  Apa Sih Syarat Menjadi Karyawan Tetap Menurut Undang-Undang? 

Selama 32 tahun tersebut Anda perlu membuat perencanaan apa saja yang perlu dicapai dan secara realistis melepaskan hal yang tidak dapat dicapai. Hal ini penting supaya Anda dapat melakukan keputusan secara tepat.

  1. Menyusun Rencana Finansial dengan Bijaksana 

Saat membuat rencana finansial, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Faktor tersebut yaitu usia rencana pensiun, kalkulasi kebutuhan hidup setelah pensiun, asumsi usia harapan hidup, dan waktu untuk persiapan dana pensiun.

Sederhananya, jika usia harapan hidup yang Anda gambarkan yaitu 75 tahun sementara akan pensiun pada usia 60 tahun, maka ada 15 tahun masa pensiun yang perlu dipikirkan pembiayaannya.

Jika direncanakan Anda menghabiskan biaya hidup sebesar Rp 5 juta per bulan, maka finansial yang perlu dicapai untuk 15 tahun masa pensiun yaitu Rp900 juta. Dana tersebut perlu Anda peroleh selama masa produktif bekerja.

Perlu Anda ketahui bahwa prepare dana pensiun tersebut sebaiknya dibedakan dengan dana darurat. Dana darurat yaitu anggaran berbeda yang perlu juga dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga, terutama untuk kesehatan.

  1. Investasi Jangka Panjang 
Baca Lainya:   Minat Bekerja di Perkantoran, Cari Tahu Dulu Berapa Gaji Kerja di Perkantoran: Ada yang Mencapai 12 juta

Hingga saat ini masih banyak sekali para pekerja yang kesusahan ketika mereka ingin menabung dana untuk masa pensiun mereka. Oleh karena itu, investasi yaitu langkah yang perlu dipilih. Bahkan, investasi yang berhasil memungkinkan bagi anda untuk melakukan pensiun dini.

Alih-alih hanya mengumpulkan uang dan menyimpannya sebagai tabungan, mengembangkan dana melalui berbagai instrumen investasi yaitu langkah yang lebih menguntungkan. Sederhananya, jika Anda menanam modal sebesar 10 juta hari ini maka akan berkembang jadi 12 juta beberapa tahun ke depan.

Ada berbagai instrumen investasi yang dapat dipilih untuk persiapan masa pensiun, Seperti contohnya yaitu emas, obligasi, dan reksa dana. Instrumen investasi itu dipilih oleh karena memang cenderung aman serta tidak membutuhkan langkah aktif dari Para investor.

Selain itu, pengelolaan uang yang dapat dilakukan sejak dini yaitu dengan jadi pendana di platform fintech lending. Salah satu platform yang aman dan mendapatkan pengawasan OJK Indonesia yaitu Modal Rakyat.

Modal Rakyat adalah mediator yang membantu pelaku usaha kelas UMKM untuk mendapatkan bantuan modal dari pemilik dana. Nantinya, pemiliknya dana akan mendapatkan imbal untung dari usaha yang terbantu modal hingga 18% per tahun.

  1. Kontrol Financial 
Baca Lainya:  Tempat Kerja Programer di Indonesia

Jika Anda telah menyusun rencana finansial dan melakukan investasi secara berkala, hal yang berikutnya perlu dilakukan yaitu terus mengontrol kondisi finansial sejak dini. Langkah tersebut sangatlah penting karena gaya hidup yang salah di masa muda tentu akan berpengaruh pada kesehatan keuangan anda ketika masa pensiun nanti.

Dua fokus yang perlu diperhatikan dalam mengontrol kesehatan finansial yaitu: Kurangi Utang Konsumtif  dan Jangan Kurangi Dana Darurat

karyono
Latest posts by karyono (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.