Cara Menghitung Pensiun Dini Yang Perlu Anda Ketahui

Pekerjaan – Memutuskan untuk pensiun dini berarti Anda telah siap dengan segala risikonya. Berapa banyak uang tabungan yang Anda miliki? Berapa biaya hidup yang perlu dikeluarkan? Terdapat banyak pertanyaan yang perlu Anda jawab supaya keputusan yang dibuat tidak akan menimbulkan masalah dan memberatkan keadaan keuangan Anda di kemudian hari.

Bagaimana Cara Menghitung Pensiun Dini ?

 

Selain itu, Anda juga perlu tahu cara kalkulasi pensiun dini pegawai swasta supaya tahu berapa banyak yang bisa Anda peroleh setelah resmi pensiun di usia yang masih di bawah usia pensiun pegawai swasta.

  • Usia ketika pensiun dini: 45 tahun
  • Usia harapan hidup: 80 tahun
  • Pengeluaran untuk tiap bulan: Rp 7 juta

Rumus kalkulasi yang bisa Anda gunakan yaitu biaya hidup perbulan x bulan dalam satu tahun x selisih tahun usia ketika ini hingga usia harapan hidup. Jadi hasilnya yaitu Rp 7,000,000 x 12 bulan x 35 tahun= Rp 2,940,000,000

Dari kalkulasi tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Anda perlu mempunyai dana sebesar Rp 2,940,000,000 untuk bisa bertahan hidup selama 35 tahun.

Baca Lainya:  Kondisi Terbaru Ustadz Arifin Ilham dirawat di rumah sakit

Strategi untuk menghadapi pensiun dini apabila Anda ingin pensiun dari pekerjaan.

  1. Menentukan Target Waktu Pensiun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat atau menentukan target masa pensiun. Keputusan untuk pensiun lebih awal dari waktu yang seharusnya tidak boleh Anda ambil hanya karena keinginan sesaat. Anda perlu merencanakannya dengan baik dan jauh sebelum mantap mengajukan pensiun.

Idealnya, pensiun telah direncanakan 1 tahun sebelum mengajukan pensiun dini. Jadi, ketika memasuki usia pensiun, Anda tidak akan shock dengan perubahan-perubahan yang ada.

  1. Hitung Biaya Hidup

Biaya hidup jadi hal penting lain yang perlu Anda pertimbangkan. Ketika memutuskan untuk pensiun dini, ini berarti Anda telah siap kehilangan sumber penghasilan dan segala risiko yang ada.

Hitung biaya hidup setelah Anda tidak lagi bekerja dan pastikan bahwa uang pensiunan serta penghasilan Anda di luar gaji bulanan bisa mencukupinya. Jika salah langkah, Anda akan merasa stres dan menambah beban keuangan alih-alih ingin bebas menikmati hidup.

  1. Hitung Total Hutang
Baca Lainya:  Alat dan Perlengkapan Untuk Ternak Ayam Petelur

Beruntunglah kalian yang tidak mempunyai hutang. Tapi, jika miliki hutang atau kewajiban lain yang masih perlu dibayar dalam jangka waktu tertentu, coba mulai hitung berapa total keseluruhan hutang tersebut.

  1. Kelola Pesangon

Tidak sedikit orang yang suka menghamburkan uang mereka. Ini tentu bukanlah perbuatan bijak terlebih jika Anda memutuskan untuk pensiun dini namun tidak mempunyai passive income. Belajarlah untuk mengatur uang pesangon dengan baik supaya bisa mengcover segala kebutuhan dan pengeluaran.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk pensiun dini,di antaranya yaitu:

  1. Kondisi Keuangan Ketika Ini dan Nanti

Kondisi keuangan perlu jadi pertimbangan utama sebelum membuat keputusan untuk pensiun dini. Kondisi keuangan bukan hanya ketika ini tetapi nanti hingga Anda benar-benar merasa aman terlebih jika tidak mempunyai sumber pemasukan atau income lain selain gaji bulanan yang didapatkan ketika masih bekerja.

  1. Potensi Income Baru Setelah Pensiun Dini

Telah ada gambaran income setelah mengajukan pensiun dini? Anda juga perlu mempertimbangkan potensi income yang akan menunjang dan mengcover kebutuhan Anda termasuk hutang, kebutuhan harian, dan pengeluaran tidak terduga.

  1. Aktivitas Setelah Pensiun Dini
Baca Lainya:  Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

Pensiun berarti Anda lepas dari segala kegiatan yang biasa dilakukan di tempat kerja. Ini Dengan demikian, Anda akan memulai hidup yang baru dan bisa jadi Anda akan merasa bosan. Jadi, akan lebih baik jika telah mempertimbangkan aktivitas dan kreativitas apa yang akan Anda lakukan setelah pensiun dini.

Semoga bermanfaat.

karyono
Latest posts by karyono (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.