4 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan, Berikut Dengan Pengolahannya

Jadiberkah.com – Hidup sehat merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh kaum milenial saat ini. Kebutuhan akan hidup sehat ternyata bisa dilakukan dengan cara yang herbal. Cukup dengan mengetahui manfaat buah dan daun jambu biji, Anda bisa hidup sehat loh!

Tapi, apa saja manfaat buah dan daun jambu biji bagi kesehatan? Nah, tentunya Anda penasaran bukan dengan manfaat yang diberikan oleh buah dan daun jambu bagi kesehatan? Berikut ini ada sedikit ulasan menarik mengenai keduanya, berikut dengan cara pengolahannya. Yuk simak!

Cari Tahu Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan, Berikut Dengan Pengolahannya

Manfaat buah dan daun jambu biji

Buah jambu biji ternyata tidak hanya enak bila dikonsumsi sebagai camilan sehatnya saja. Karena ternyata didalamnya terdapat banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. 

Menariknya lagi, tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan tetapi daun jambu pun juga bisa didayagunakan sebagai obat herbal loh! Dan kepercayaan konsumsi buah jambu biji ini sudah turun temurun dipercaya bisa mengatasi masalah pada pencernaan.

Penasaran gak sih apa saja manfaat yang diberikan oleh buah dan daun jambu selain mengatasi masalah pencernaan? Berikut ulasannya!

Menurunkan darah tinggi

Meski belum diketahui secara pasti menurut penelitian ilmiah. Namun banyak yang percaya kalau jambu biji memiliki khasiat yang baik untuk menurunkan gejala darah tinggi atau hipertensi.

Caranya juga termasuk mudah, yakni Anda hanya cukup konsumsi jambu biji selama dua minggu. Dan yang pasti juga harus diet makanan lemak tinggi. Dengan demikian tingkat lemak jahat dalam darah bisa turun dan stabil.

Tapi, sebaiknya dalam penggunaannya tetap harus dalam kontrol dokter yah. Karena bagaimanapun juga hipertensi bukanlah penyakit ringan yang bisa diatasi begitu saja!

Mengatasi kram perut saat haid

Saat terjadi kram perut ketika haid pada wanita bukanlah saat-saat yang menyenangkan. Karena saat kram terjadi, sakit yang dirasa bisa sangat menyakitkan. 

Nah kalau sudah begitu, daripada minum obat lebih baik minum ekstrak daun jambu biji. Yang dipercaya mampu mengatasi kram perut saat haid lebih alami ketimbang obat.

Membantu memulihkan pasien yang terkena DBD

Dan faktanya daun atau buah jambu biji juga sangat baik untuk mengembalikan trombosit darah bila Anda terkena DBD loh!

Menaikkan trombosit darah sangat diwajibkan bila Anda terkena DBD, oleh sebab itu untuk mengembalikannya konsumsi jambu biji dan ekstrak daun jambu biji bisa dijadikan sebagai solusi utama.

Mengurangi sendi lutut

Bila pada keluhan lainnya manfaat jambu biji masih disangsikan kemanjurannya. Maka untuk keluhan sendi lutut sebaliknya.

Karena beberapa peneliti juga sudah memberikan respon yang positif terhadap manfaat dari daun daun biji jambu pada nyeri yang sering dirasa pada lutut.

Lalu, bagaimana cara mengolahnya?

Cara untuk mengolah daun maupun buah jambu biji cukup mudah. Anda cukup blender buah jambu biji dengan sedikit air, kemudian bisa juga ditambah dengan sedikit madu murni sampai halus. Kalau pun ingin menambahkan gula, sebaiknya gunakan gula diet yang baik untuk tubuh. 

Sedangkan untuk daunnya, Anda hanya cukup keringkan lalu di tumbuk sampai halus. Atau bisa juga direbus dengan campuran bahan-bahan alami atau herbal lainnya.

Yang terpenting lakukan pengobatan herbal daun dan buah jambu biji secara rutin yah. Dan harus dengan panduan dari ahlinya atau dokter. Jangan asal pilih obat herbal, karena bagaimanapun juga kesehatan adalah yang utama. Semoga ulasan mengenai manfaat buah dan daun jambu biji di atas bermanfaat yah! Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.