Cek Dulu, Yuk! Kenapa Google PlayStore Tidak Bisa Mendownload

Jadiberkah.com Pernahkah Anda menemukan alasan kenapa google playstore tidak bisa mendownload? Bisa jadi memori Anda terlalu penuh ataupun ada masalah lainnya. Belum lagi, jika ada faktor lain yang ikut andil kenapa layanan ini susah untuk meng-install aplikasi. 

Tetapi, Anda tak perlu cemas. Anda bisa mengeceknya secara teliti. Sehingga, Anda tidak panik tiba-tiba. Siapa tahu memang ada masalah di ponsel Anda. Makanya, pertanyaan seputar kenapa google playstore tidak bisa mendownload, kerap kali dilontarkan. 

Nah, ketimbang bingung berikut beberapa solusi jika layanan ini mengalami masalah tersebut. Yuk, simak dulu!

Cara Mengatasi Google Playstore yang Tidak Bisa Mendownload

kenapa google playstore tidak bisa mendownload

Jangan buru-buru marah, sebaiknya Anda coba cara berikut untuk mengatasinya. Yang di antaranya adalah:

Baca Lainya:  Aplikasi Google yang Umum Digunakan Para Pebisnis

Cek Koneksi Internet dan Pengaturan Play Store

Masalah utama penyebab kenapa google playstore tidak bisa mendownload seringkali pada koneksi internet. Bisa jadi Anda menggunakan kuota data sedangkan pengaturan download menggunakan Wifi. Ubah segera pengaturan agar bisa mengunduh pada semua koneksi.

Periksa Pengaturan Waktu

Pastikan kalau pengaturan waktu yang ada di android sama dengan waktu dan tanggal sebenarnya. Aktifkan pengaturan tanggal otomatis di handphone.

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Afa banyak pengguna android yang mendownload aneka aplikasi, tetapi tidak pernah menggunakannya. Hal ini membuat memori penyimpanan menjadi penuh. Masuk ke pengaturan dan pilih menu aplikasi untuk menguninstal aplikasi yang tidak diperlukan.

Hapus Cache pada Semua Aplikasi

Penumpukan cache pada aplikasi yang ada di smartphone sering diabaikan. Padahal setiap aplikasi menyimpan file sampah/cache yang harus dibersihkan secara rutin. Cache dapat menghabiskan ruang di kapasitas penyimpanan sebuah perangkat dan membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat. Sekaligus penyebab gagalnya mendownload.

Baca Lainya:  Cara membersihkan AC dirumah sendiri dengan mudah

Permasalahan Google Play Service

Google Play Store berhubungan dengan Google Play Service. Itu sebabnya masalah pada aplikasi ini akan memberi dampak pada Play Store. Solusinya yang dapat dilakukan adalah dengan cara menghapusnya terlebih dahulu. Uninstall lalu instal kembali di playstore.

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, tetapi alasan kenapa google playstore tidak bisa mengunduh juga, maka Anda bisa lakukan root pada smartphone. Cara ini tidak disarankan karena dapat membuat garansi resmi hilang. Kalau masih gagal juga, mungkin saatnya Anda membeli smartphone baru.

Baca Lainya:  5 Tips Lolos Psikotes Menggambar Orang Beraktivitas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.