Langkah- Langkah yang Diperlukan dalam Membangun Sebuah Model Bisnis Perusahaan

Bisnis – Dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang pembisnis atau enterpreneur dituntut untuk bisa menentukan model bisnis seperti apa yang akan digunakan dalam usahanya, bukan hanya sekedar untuk mengetahui tentang produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Model bisnis ini lebih fokus pada bagaimana cara mendapatkan keuntungan atau laba dari produk-produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berbeda dengan bussines plan, dimana bussines plan ini lebih fokus terhadap produk-produk yang dihasilkan, dan menganalisa produk yang dibutuhkan atau tidak dibutuhkan oleh konsumen.

Secara sederhana, Model bisnis dapat diartikan sebagai proses dimana perusahaan dapat menciptakan value dari sebuah produk dan mendapatkan keuntungan dari value tersebut secara berkelanjutan.

Membuat model bisnis, tentu saja tidak sesederhana yang dibayangkan. Diperlukan pemikiran, analisa mendalam dan juga pengambilan keputusan yang tepat agar perusahaan dapat memperoleh keuntungan secara berkala. Berikut ini adalah langkah yang diperlukan untuk membangun bisnis perusahaan, meliputi :

Apa Saja Langkah yang Diperlukan untuk Membangun Bisnis ?

  1. Menentukan Target Pasar

Dalam bisnis, target pasar yang luas tidak menjamin bahwa bisnis akan laku keras di pasaran. Sebaliknya, bisnis yang memiliki target pasar spesifik memiliki terkadang memiliki penjualan yang bisa lebih besar dan kostumer loyal.

Baca Lainya:  Investasi Emas di shopee apakah aman

Di titik ini, kamu harus bisa menentukan misalnya, pada siapa produk akan dijual, apakah wanita/pria atau keduanya. Berapa target usia pembeli, demografi, aktivitas, hobi, persona atau karakteristik lainnya.

Kemudian, analisa apa masalah yang mereka hadapi, keluhan mereka, keinginan mereka terhadap produk yang saat ini mereka gunakan. Dan ciptakan solusi dari setiap permasalahan tersebut pada produk baru kamu.

  1. Menetapkan Proses Bisnis

Ketahui apa saja aktivitas bisnis yang akan dilakukan pada bisnis anda, dan proses apa saja yang akan dilakukan?. Apakah kamu juga akan menyediakan jasa pesan antar atau tidak.  Semua tentunya harus ditentukan berdasarkan pertimbangan khusus.

  1. Mengetahui Sumber Daya Utama

Selanjutnya, kamu harus membuat daftar sumber daya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis? Seperti misalnya website, media sosial, gudang, database pelanggan, modal sampai hak cipta penamaan.

  1. Menentukan Mitra Bisnis

Tidak ada bisnis yang dapat berjalan sendiri, semua membutuhkan sinergitas dengan pihak pihak lain sebagai pendukung. Ketika menjalankan bisnis kamu juga harus menentukan misalnya siapa supplier dari barang yang akan kamu jual, agency mana yang akan kamu gunakan untuk media periklanan.

  1. Mengembangkan Value Proposition Kuat

Value proposition ini berkaitan erat dengan kekuatan yang dimiliki oleh produk anda. Apa perbedaan produk anda dengan produk sejenis, sehingga terlihat unggul. Apakah dari khasiat, bahan, kemasan, variasi rasa. Dalam hal ini kamu harus mempunyai tim yang memiliki inovasi dan beradaptasi dengan perkembangan jaman.

  1. Membuat Strategi Demand Generation

Dalam poin ini, kamu harus membuat strategi seperti apa yang dapat membuat produk akan laris ketika peluncuran. Apakah menggunakan periklanan digital, iklan dikoran atau misal memasang billboard di jalan-jalan utama kota.

Baca Lainya:  5 Ide Bisnis Rumahan Online Minim Modal Yang Wajib Anda Coba
  1. Buat Ruan Untuk Berinovasi

Terkadang, apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Tidak ada produk sempurna ketika dilempar pertama kali ke pasar. Semuanya tentunya memiliki kelemahan yang harus segera diperbaiki oleh tim.

Selain itu, ciptakan juga iklim untuk berinovasi. Bagaimana tim menanggapi setiap masukan dan tren yang ada.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara dan Berapa Modal Budidaya Ternak Ayam Pedaging?

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat model bisnis perusahaan, dan semoga artikel ini bermanfaat yaa.

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.