Definisi  Bisnis Franchise Yang Perlu Anda Ketahui

Jadiberkah.com – Definisi  Bisnis Franchise – Sistem bisnis franchise atau franchise pertama kali diperkenalkan pada tahun 1850-an oleh seorang penemu mesin jahit, Isaac Singer, ketika ia ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya, meskipun akhirnya gagal. Hingga saat ini Bisnis Franchise telah menjadi trend tersendiri untuk memasarkan dagangannya.

Mulai dari bisnis kuliner, supermarket, hingga apotek. Nah, untuk lebih memahami tentang pengertian bisnis franchise, cara kerjanya, apa saja kelebihan dan kekurangan, serta jenisnya, berikut ulasan lengkap bisnis franchise tersebut.

Apa itu bisnis franchise?

Definisi Waralaba atau franchise

Menurut hukum Indonesia, waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh suatu badan usaha atau perorangan atas suatu sistem usaha yang bersifat usaha untuk memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan serta digunakan oleh pihak lain dengan berdasarkan perjanjian waralaba.

Baca Lainya:  Cara Menjadi Mitra Usaha tanpa Modal yang Menguntungkan

Waralaba, dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan franchise, berasal dari bahasa Perancis franchise yang artinya benar atau kebebasan. Artinya, hak atau kebebasan untuk menjual suatu produk atau jasa dan jasa. Pemberi waralaba disebut dengan pemilik waralaba, sedangkan penerima waralaba disebut dengan penerima waralaba.

Menurut Asosiasi Waralaba Indonesia, waralaba adalah suatu sistem pendistribusian produk atau jasa kepada konsumen akhir dengan pemberi waralaba yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan usaha dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara yang telah ditentukan sebelumnya dalam suatu keadaan tertentu. jangka waktu serta mencakup area tertentu.

Baca Lainya:  Berapa Biaya Franchise KFC?

Menurut penjelasan Robert Kiyosaki, franchise merupakan skema yang digunakan untuk mengembangkan bisnis dan bertujuan untuk meningkatkan keuntungan pemilik bisnis itu sendiri. Artinya, pemilik waralaba menggunakan fee dari penerima waralaba untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebagai gantinya, penerima waralaba mendapatkan hak untuk menjual produk atau layanan bisnisnya, termasuk nama dagang dan sistem bisnis yang siap dijalankan. Sejak kemunculan model bisnis ini, bisnis franchise telah mengalami berbagai perkembangan di Indonesia.

Jenis usaha waralaba yang beredar di pasaran sudah bermacam-macam. Jenis waralaba di Indonesia dapat dibagi berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan, menurut negara asal, dan menurut International Franchise Association (IFA). Demikian informasi  tentang definisi  bisnis franchise semoga bermanfaat.

Baca Lainya:  Berapa Keuntungan Franchise Sabana Fried Chicken

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.