Investasi Emas di Pegadaian Apakah Menguntungkan?

Jadiberkah.com – Berinvestasi merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menabung menyiapkan masa tua. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dilakukan, dan diantaranya yang paling banyak diambil adalah investasi emas. Investasi emas di pegadaian pun menjadi pilihan. Karena dianggap lebih aman dan menguntungkan. Apakah demikian?

Mungkin pertanyaan tersebut ihwal di dengar oleh sebagian orang, namun bagi seorang investor tentu menjadi pertanyaan yang wajib untuk diketahui jawaban. Benarkah investasi di pegadaian menguntungkan?

Untuk menjawabnya, berikut kami berikan ulasannya untuk Anda. Yuk simak!

Investasi Emas di Pegadaian Apakah Menguntungkan

Dengan investasi di pegadaian banyak orang beranggapan kalau emas yang mereka simpan di pegadaian jauh lebih aman, dibandingkan menyimpannya d rumah. Namun dibalik itu tetap ada waktunya Anda untuk waspada, karena bagaimanapun juga dengan adanya keuntungan ada kerugian yang harus ditolerir. Apa saja keuntungan dan kerugiannya? Berikut kami sajikan untuk Anda.

Baca Lainya:  Langkah Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Beternak Ayam Petelur

Keuntungan

Dengan melakukan investasi di pegadaian tentu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, yang diantaranya adalah:

  1. Adanya jaminan legalitas

Mengingat PT Pegadaian merupakan bagian dari BUMN, maka sudah pasti akan selalu menjaga kredibilitasnya. Yang artinya PT Pegadaian mampu memberikan jaminan pada nasabahnya kalau mereka tidak akan mentolerir berbagai macam bentuk penipuan yang menyangkut dengan investasi dan lainnya masuk ke dalam ranah mereka.

  1. Menjamin keamanan produk investasi berupe emas

Meskipun Anda membeli emas dengan cara cicil atau mengangsur, maka fasilitas berupa keamanan dari produk investasi sepenuhya menjadi tanggung jawab kantor pegadaian. Yang batasan waktunya sudah ditentukan, yakni sampai cicilan selesai dan emas sudah berada di tangan Anda.

  1. Bisa menggadaikan emas untuk kebutuhan mendesak
Baca Lainya:  Tips investasi emas batangan antam

Menariknya, dengan adanya program investasi emas di pegadaian maka Anda dapat menggadaikan emas bila terdesak dengan kebutuhan. Jumlah pinjamannya pun adalah sebesar jumlah cicilan yang sudah Anda bayarkan.

Dan angsuran bisa Anda teruskan kembali suatu saat bila sudah memiliki uang dan berniat untuk membayar pinjaman tersebut. Dengan cara demikian maka tidak ada yang saling dirugikan, yakni antara Anda sebagai investor dan pihak pegadaian.

investasi emas di pegadaian

Kerugian

Adapun kerugian investasi di pegadaian adalah:

  1. Kurs nilai harga jual dan beli emas yang tidak stabil
  2. Adanya biaya administrasi dan biaya tambahan yang cukup mahal
  3. Bila Anda menggunakan program tabungan emas, maka biaya cetak harus ditebus dengan harga yang tergolong mahal.
Baca Lainya:  Halalkah investasi emas menurut ajaran islam(begini caranya)

Jadi, apakah Anda masih ingin melakukan investasi emas di pegadaian?

 

 

Penulis . Vita Suwarno

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.