Bagaimana Cara Investasi Emas di Pegadaian? Ternyata Ada 4!

Jadiberkah.com – Instrumen investasi terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya investasi properti, investasi saham, investasi tanah, sampai dengan investasi emas. Yang jelas semua instrumen tersebut mempunyai keuntungannya masing-masing, berikut juga dengan cara mulainya. Begitu pun emas, tentu masih banyak orang awam yang belum paham dengan bagaimana cara investasi emas di pegadai umumnya.

Cara untuk investasi emas di pegadaian, tentu berbeda dengan tempat investasi emas di tempat lainnya, sebut saja di Tokopedia. Tapi Anda semakin penasaran bukan dengan bagaimana caranya? Nah, berikut ini ada cara yang bisa Anda ikuti. Yuk simak ulasannya!

4 Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara investasi emas di pegadaian

Ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi emas di pegadaian, yang diantaranya adalah:

1. Metode Menitip

Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan bila sudah memiliki emas batangan, namun bingung untuk menemukan tempat yang aman dan juga berasuransi. Nah, di pegadaian Anda bisa menitipkan emas tanpa rasa khawatir akan tingkat keamanannya. Menariknya lagi dengan menitip emas di pegadaian, emas millik Anda akan diasuransikan. Biaya untuk menitip emas adalah 50 ribu rupiah per 100 gram.

Baca Lainya:  Dimanakah Bank Terbaik Untuk Investasi Emas

2. Menabung Emas

Konsepnya adalah Anda membeli emas di pegadaian dengan cara menabung, hanya saja emas yang ditabung tersebut akan tetap berada di kantor pegadaian. Harga untuk menabung emas di pegadaian juga termasuk murah, yakni sekitar 5 ribu rupiah untuk 0,01 gram emas. Saat emas sudah dirasa cukup dan sesuai dengan harapan, maka emas dapat diambil disertai dengan sertifikat emas.

3. Mencicil

Faktanya, investasi emas di pegadaian juga bisa dilakukan dengan cara mencicil. Hampir mirip dengan menabung, namun bedanya Anda harus menentukan besaran emas yang diinginkan. Dan Anda juga diharuskan membayarkan uang muka atau DP sebesar 20-30 persen dari nilai emas, kemudian tentukan kapan cicilan akan dilunasi, yakni antara 1 sampai 36 kali cicilan.

Baca Lainya:  4 Rincian Modal Usaha Warung Kopi Pinggir Jalan. Layak Dicoba!

4. Arisan Emas

Dan yang terakhir ada investasi emas dengan cara arisan emas. Konsep ini cukup unik, karena Anda harus menyiapkan sekurangnya 6 orang untuk dapat mengikuti program ini. Anda bisa datang langsung ke kantor pegadaian terdekat untuk mendaftarkan kelompok arisan, kemudian pilih besaran emas yang ingin dibuat sebagai arisan, dan terakhir tentukan waktu arisan berjalan. Untuk program ini Anda tidak perlu khawatir akan nilainya yang naik turun. Karena nilai emas tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga emas.

Bagaimana, menarik sekali bukan cara investasi emas yang bisa dilakukan di pegadaian? Jadi, tunggu apalagi? Ayo buruan tentukan program investasi yang diinginkan dan jalankan investasinya untuk masa mendatang!

Baca Lainya:  Berikut daftar aplikasi investasi emas yang di awasi oleh OJK

 

Penulis : Vita Suwarno

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.