Artikel Tentang Pengamen Jalanan, Dulu Ditendang Sekarang Tenar

Jadiberkah.com – Pengamen jalanan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bahkan, banyak artikel tentang pengamen jalanan yang menyudutkan para pengamen. Padahal, tidak sedikit dari mereka yang mengamen sebagai usaha sampingan atau untuk menuangkan karyanya.

Terlepas dari artikel tentang pengamen jalanan yang membuat citra buruk, ada fakta lain yang perlu diketahui. Bahwa, pengamen jalanan pun bisa menjadi musisi besar dan terkenal. Berikut adalah nama-nama tenar artis tanah air yang berasal dari jalanan.

Artikel Tentang Pengamen Jalanan yang Kini Tenar

Iwan Fals

Jangan mengaku sebagai penggemar Iwan Fals jika belum tahu latar belakangnya. Sebelum menjadi tenar seperti sekarang, Iwan Fals adalah seorang musisi jalanan. Dia bahkan sudah mengamen di jalanan Bandung sejak usia 13 tahun.

Lambat laun Iwan Fals mulai melebarkan sayap ke dapur rekaman. Dia juga piawai menciptakan lirik-lirik lagu yang sarkas terhadap pemerintah. Karena itulah, Iwan Fals banyak disukai penggemarnya. Saking dianggap berbahaya, bahkan konser Iwan Fals pernah dilarang oleh pemerintah pada masa Orde Baru.

Didi Kempot

Tak ada yang tidak mengenal almarhum Didi Kempot. Pria asal Surakarta ini sudah mengamen di jalanan sejak tahun 1984. Dua tahun kemudian, dia dan timnya mengadu nasib ke Jakarta. Sambil mengamen, Didi Kempot juga mencoba dapur rekaman dan mengirimkannya pada label-label musik.

Tentu ada berkali-kali penolakan, hingga Musica Studios meliriknya. Hingga pada tahun 1898, Didi Kempot berhasil merilis album pertamanya. Saat itu, single favorit album tersebut adalah Cidro. Dari sanalah karir Didi Kempot sebagai penyanyi campursari legendaris dimulai.

Slank

Grup band yang tidak pernah kehabisan penggemar ini rupanya memulai karir dari jalanan. Kaka cs sudah mengamen sejak tahun 1983. Dulu, mereka selalu membawakan lagu-lagu rolling stones untuk setiap performnya di jalanan.

Butuh waktu puluhan tahun bagi Slank untuk bisa mencapai puncak seperti sekarang. Grup band ini dijadikan simbol perubahan dan pergerakan bagi para pemuda karena kisahnya yang menginspirasi.

Nah, itu dia nama-nama besar musisi tanah air yang berawal dari jalanan. Meski banyak artikel tentang pengamen jalanan yang buruk, tapi hal itu tidak selalu terjadi. Masih banyak pengamen yang sopan, mengamen memang untuk menyalurkan bakat yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.