Apa Kerugian Tukang Sol Sepatu di Era Modern Seperti Sekarang?

Jadiberkah.com – Era modern seperti saat ini banyak membawa dampak positif mau pun negatif. Salah satunya pada usaha-usaha kecil yang semakin terpinggirkan. Bicara soal apa saja kerugian tukang sol sepatu yang dialami pada era ini, sama seperti usaha kecil lainnya.

Yang paling umum tentu adalah berkurangnya pelanggan. Mengapa bisa begitu? Lalu apa kerugian tukang sol sepatu lainnya? Simak ulasan berikut!

Apa Saja Kerugian Tukang Sol Sepatu di Selama Pandemi

Minimnya pelanggan menjadi hal yang paling sering dikeluhkan oleh para tukang sol sepatu. Hal tersebut disebabkan karena gaya hidup di generasi sekarang. Alih-alih memperbaiki yang rusak, orang zaman sekarang lebih suka mengganti yang rusak.

Apalagi untuk urusan sepatu yang mungkin harganya tidak seberapa. Daripada menservis sepatu lama, lebih baik beli yang baru. Hal ini juga berkaitan dengan selera yang mudah bosan. Didukung produsen sepatu yang setiap saat mengeluarkan mode baru, tukang sol sepatu semakin terpuruk.

Terlebih di musim pandemi seperti sekarang, dampak ekonomi juga berlaku pada jasa sol sepatu. Dari berbagai wawancara dengan tukang sol, pelanggan menurun drastis di musim pandemi ini. Setiap hari paling mentok hanya mencapai 30% pelanggan yang masih menggunakan jasa sol sepatu.

Tukang sol sepatu yang menetap di satu tempat relatif memiliki lebih banyak pelanggan. Itu disebabkan, pelanggan sudah tahu tempat dan jadwal operasionalnya. Jadi, ketika sepatu ada yang rusak, mereka langsung menuju tempat sol tersebut.

Berbeda dengan sol sepatu keliling. Bisa dikatakan, pelanggannya hanya untung-untungan. Orang juga kebanyakan tidak mau menunggu tukang sol keliling yang belum jelas kedatangannya.

Sayang, tidak semua tukang sol sepatu mampu menyewa tempat. Karena, sewa tempat di lokasi strategis tentunya mahal. Biasanya, tukang sol membuka lapak ala kadarnya di tempat-tempat ramai seperti pasar jika tidak mau berkeliling.

Tukang sol sepatu harus bersaing dengan sesama tukang sol. Kadang, ada tukang sol yang mematok harga lebih rendah dibanding pasaran. Hal ini secara tidak langsung dapat mematikan jasa sol lainnya.

Selain itu, jika bertanya apa saja kerugianan tukang sol sepatu, maka itu juga tidak lepas dari persaingan mereka dengan produsen-produsen besar sepatu. Yang mana, mode telah menggerus keinginan masyarakat untuk memperbaiki sepatu di jasa sol sepatu. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.