Faktor dan Latar Belakang Pengamen Jalanan; Miris Memprihatinkan

Jadiberkah.com – Banyak orang yang menganggap pengamen sebagai sampah masyarakat. Kehadiran pengamen dianggap mengganggu ketertiban. Padahal, mungkin sebagian orang tidak tahu latar belakang pengamen jalanan hingga menjamur di mana-mana.

Banyaknya orang yang memutuskan untuk menjadi pengamen sebenarnya tidak lepas dari kebobrokan sistem ekonomi sebuah negara. Tidak bijak jika masyarakat melempar kesalahan hanya dari sisi pelakunya saja. Nah, berikut beberapa faktor serta latar belakang pengamen jalanan yang perlu diketahui.

Latar Belakang Pengamen Jalanan, Faktor Internal dan Eksternal

Seseorang memutuskan menjadi pengamen bisa karena dipengaruhi oleh faktor di dalam dirinya sendiri. Misalnya saja :

Rasa malas

Tidak mau berusaha mencari pekerjaan lain karena memang malas, akhirnya memilih jalan pintas sebagai pengamen yang dinilai tidak repot.

Tidak mau bekerja keras

Mengamen bukanlah pekerjaan yang perlu kerja keras. Ini berkaitan erat dengan adanya sifat malas dalam diri seseorang.

Cacat fisik atau psikis

Faktor ini mungkin masih bisa dimaklumi. Karena keterbatasan fisik, seseorang biasanya susah mencari pekerjaan hingga memutuskan untuk mengamen.

Tidak mau bergantung pada orang lain

Keinginan mendesak seseorang untuk tidak merepotkan orang lain bisa menjadikannya memutuskan jadi pengamen. Misal remaja yang tidak mau membebani orang tuanya.

Ada pula faktor eksternal yang mempengaruhi seseorang menjadi pengamen. Di antaranya :

Ekonomi

Kemiskinan dan sulitnya mencari pekerjaan yang layak bisa mendorong seseorang untuk menjadi pengamen.

Sosial

Adanya urbanisasi masyarakat desa ke kota tanpa tujuan yang jelas bisa menambah jumlah pengamen jalanan.

Pendidikan

Tingkat pendidikan yang rendah menyulitkan seseorang untuk mendapat pekerjaan layak. Akhirnya, mengamen menjadi alternatif.

Lingkungan

Seseorang yang hidup di lingkungan pengamen maka bisa menyeret diri menjadi pengamen juga. Misalnya seorang anak yang lahir dari orang tua pengamen.

Nah, itu dia beberapa latar belakang pengamen jalanan yang perlu diketahui. Sebelum menyudutkan para pengamen, alangkah baiknya jika ditelaah dulu apa yang melatar belakangi keputusan mereka untuk mengamen.

Membludaknya para pengamen ini menjadi PR bersama, baik pemerintah maupun masyarakat umum. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.