Bagaimana Cara Membuat dan Alat Live Streaming di Youtube Apa Saja yang Dibutuhkan?

live streaming di youtube

Jadiberkah.com – Anda sering melihat canal media yang digunakan untuk belajar atau hiburan sehingga ingin tahu bagaimana membuat live streaming di Youtube. Kreator pun berperan untuk menyatukan audience secara real time sehingga bisa belajar, berdiskusi, dan membuat komunitas baru. 

Menjadi Youtuber memang sangat menarik untuk  digeluti karena dapat menghasilkan uang. Untuk itu, Anda harus paham cara dan alatnya seperti yang akan dijabarkan dalam ulasan berikut :  

5 Alat Live Streaming di Youtube 

live streaming di Youtube

Live streaming merupakan alternatif untuk belajar, berdiskusi, dan berbisnis yang cocok dengan kondisi sekarang sehingga bisa membantu mengatasi Covid-19. Bagi pemula mungkin agak bingung untuk melakukan live streaming di Youtube dan berikut ini cara mudah mengerjakannya :

Camera Video

Camera video recorder alat utama yang harus ada saat live streaming untuk menampilkan gambar. Jenis kamera yang dapat digunakan bisa dengan webcam. Untuk hasil lebih berkualitas maka dapat memakai kamera video Sony NX100, Sony NX70, dan Sony MC88.

Microphone 

Agar selama live streaming menghasilkan suara bagus maka perlu memakai microphone. Hal ini untuk memfokuskan penangkapan suara pada narasumber. Tidak perlu microphone harga jutaan karena menggunakan harga 250 ribu sampai 350 ribu juga sudah bagus. 

Baca Lainya:  Jenis investasi properti yang perlu anda ketahui

Perlampuan 

Lighting atau perlampuan penting untuk visualisasi sehingga ruangan menjadi terang dan audience nyaman melihatnya. Ruangan harus cukup cahaya agar video yang dihasilkan bagus. 

Laptop atau Komputer 

Laptop atau komputer adalah alat yang harus ada untuk melakukan live streaming. Alasannya karena aktivitas live streaming banyak dikerjakan pada elektronik ini. 

Software Live Streaming

Software live streaming digunakan untuk memproses gambar serta suara di komputer atau laptop. Aplikasi itu untuk mengatur size kamera, memasukan presentasi, memasukan foto-foto, dan lain-lain. Soalnya video mentah yang belum diedit tampak membosankan untuk ditonton. 

Kelima komponen di atas merupakan peralatan standar untuk melakukan live streaming. Bisa jadi Anda memerlukan alat penunjang lain jika dibutuhkan. Untuk menghasilkan video keren maka membutuhkan latihan yang berkesinambungan. 

Cara Mudah Live Streaming di Youtube 

Ada dua syarat agar Anda dapat melakukan live streaming di Youtube. Pertama mempunyai chanel Youtube yang terverifikasi harus mengunjungi https://youtube.com/verify dengan kondisi telah login ke Youtube. Setelah itu, masukan nomor handphone  untuk menerima sms atau kode verifikasi.

Baca Lainya:  Inilah Pekerjaan Yang Memiliki Gaji Besar

Kedua aktifkan fitur live streaming dengan mengklik https://www.youtube.com/featuser. Pastikan channel Partner Verified serta fitur Live streaming dengan kondisi Enabled. 

Setelah syarat terpenuhi maka bisa segera lives treaming yang terdiri dari dua jenis. Pertama streaming now cocok untuk acara live dadakan yang simpel. Saat Anda mulai live streaming dari PC, dan live streaming akan segera dimulai. Hal ini yang sering dikerjakan oleh Youtuber. 

Ada 4 pengaturan pada halaman streaming now yaitu : 

    • Basic info atau info dasar untuk membuat judul, deskripsi, dan kategori dari live streaming 
    • Streaming option atau pengaturan streaming untuk mengaktifkan DVR atau tidak, menyimpan video live streaming atau tidak, dan memilih stream optimization sampai menambahkan delay
    • Monetization diaktifkan jika Anda ingin video live streaming menghasilkan uang
  • Card untuk menambahkan interaksi video live streaming misalnya tulisan, gambar, link, dan tombol calls to action
  • Untuk live streaming Events maka Anda bisa menjadwalkannya kapan akan dimulai sehingga hasilnya lebih matang 
Baca Lainya:  How To Make Auto-Subscribe Button on YouTube Easily

Sekarang sedang ngetren di kalangan netizen melakukan live streaming untuk berbagai kepentingan. Salah satu kanal yang populer dan banyak digunakan orang adalah live streaming di Youtube.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.