Ijab qobul dalam pernikahan secara lengkap

Ijab qobul dalam pernikahan secara lengkap – perlu diketahui teman teman jadiberkah.com dimanapun anda berada, dalam sebuah pernikahan ijab qobul adalah suatu perjanjian yang dilakukan dalam suatu pernikahan sebagai ikatan antara pihak mempelai wanita dan mempelai pria dengan akad nikah.perlu diketahui akad nikah adalah rukun nikah dalam Islam yang harus dilakukan dalam suatu pernikahan.bila dala pengucapan ijab qobul tidak benar maka di anggap tidak sah pernikahan tersebut.jadi teman teman harus paham dalam melafalkan kalimat ijab qobul secara benar.

Dikutip dari situs bincangsyariah.com perlu diketahu hal yang penting dalam ijab adalah niat dan tidak disyaratkan menggunakan kata-kata khusus, maka semua lafal yang dianggap cocok dengan maknanya, dan secara hukum dapat dimengerti, maka hukumnya sah. Pendapat tersebut berdasarkan ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

Baca Lainya:  Tata cara dan doa mandi wajib sesuai sunah

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَحْلَلْنَا لَكَ أَزْوَاجَكَ اللَّاتِي آتَيْتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ مِمَّا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَيْكَ وَبَنَاتِ عَمِّكَ وَبَنَاتِ عَمَّاتِكَ وَبَنَاتِ خَالِكَ وَبَنَاتِ خَالَاتِكَ اللَّاتِي هَاجَرْنَ مَعَكَ وَامْرَأَةً مُؤْمِنَةً إِنْ وَهَبَتْ نَفْسَهَا لِلنَّبِيِّ إِنْ أَرَادَ النَّبِيُّ أَنْ يَسْتَنْكِحَهَا خَالِصَةً لَكَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ ۗ قَدْ عَلِمْنَا مَا فَرَضْنَا عَلَيْهِمْ فِي أَزْوَاجِهِمْ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ لِكَيْلَا يَكُونَ عَلَيْكَ حَرَجٌ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang istri-istri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Baca Lainya:  Doa agar diberi bangunan yang indah di syurga

Sementara itu, dalam ijab, harus dengan kata-kata nikah dan atau tazwij atau bentuk lain dari dua kata tersebut seperti: ankahtuka, zawwajtuka, yang keduanya secara jelas menunjukkan pengertian nikah.

Berikut contoh ijab dalam akad nikah yang benar yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab:

أنكحتك وزوجتك مخطوبتك بنتي __ علىالمهر ——— حالا

Baca Lainya:  Amalan doa mustajab agar cepat mendapatkan jodoh

Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti _ alal mahri hallan

Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, puteriku _ dengan mahar __ dibayar tunai

Dan dibawah ini adalah contoh qabul yang benar dalam bahasa Arab:

قبلت نكاحها وتزويجها على المهر المذكور ورضيت بهى والله ولي التوفيق

Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq

Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan khususnya doa doa islami yang bisa di amalkan dalam sehari hari,amin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.