Dalam Islam, Bagaimana Hukum Menikah Tanpa Wali bagi seorang Janda?

hukum menikah tanpa wali

Jadiberkah.com – Islam mengatur segala aspek dengan apik, termasuk pernikahan baik bagi gadis ataupun janda. Dalam melangsungkan pernikahan itu sendiri, terjadi perdebatan baru-baru ini mengenai bagaimana hukum menikah tanpa wali bagi seorang janda?

Menikah merupakan suatu ibadah yang pelaksanaannya diatur dengan baik demi keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah. Sebelum melaksanakan pernikahan, ada syarat yang tidak boleh dilewatkan. Syarat ini harus dipenuhi dan tidak ada perbedaan, baik bagi pasangan baru menikah atau sudah pernah menikah sebelumnya.

  • Kedua mempelai (laki-laki dan perempuan).
  • Adanya wali dari pihak wanita.
  • Menghadirkan dua orang saksi yang adil.
  • Mengadakan mahar.

Bagaimana Hukum Menikah Tanpa Wali bagi seorang Janda?

hukum menikah tanpa wali

Dalam pernikahan, adanya wali merupakan rukun yang wajib dipenuhi, hal ini berdasar pada hadits Nabi Muhammad SAW.

Aisyah radhiyallahu ‘anha istri Rasulullah SAW, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ نِكَاحَ إِلاَّ بِوَلِىٍّ وَشَاهِدَىْ عَدْلٍ

“Tidak  ada pernikahan kecuali dengan adanya wali dan saksi (dua orang) yang adil.” (Hadits Riwayat Ibnu Hibban 4075 & ad-Daruquthni 3579, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Berdasarkan hadits di atas, pernikahan yang dilangsungkan tanpa wali tidak diperbolehkan, tidak sah. Tidak ada perbedaan bagi yang belum pernah menikah atau sudah pernah menikah.

Wali Nikah Seorang Janda

Wali nikah adalah lelaki yang melaksanakan akad nikah mewakili mempelai wanita. Adanya wali merupakan rukun nikah yang wajib dipenuhi. 

Jadi, bagaimana hukum menikah tanpa wali bagi seorang janda? Pernikahan tersebut menjadi tidak sah atau batil menurut tiga imam ahli fuqaha.

Baca Lainya:  Besaran THR keagamaan yang di berikan kepada karyawan

Menurut aturan yang berlaku di Indonesia, perwalian ada dua macam yaitu wali nasab dan wali hakim.

Wali Nasab

Wali nasab adalah wali yang diambil dari silsilah keluarga, berikut diantaranya:

  • Ayahnya
  • Kakeknya
  • Saudara kandung laki-laki seayah dan seibu
  • Saudara laki-laki seayah
  • Anak laki-laki dari saudara kandung laki-laki
  • Anak laki-laki dari saudara seayah laki-laki
  • Paman kandung
  • Paman seayah
  • Anak laki-laki dari paman kandung
  • Anak laki-laki dari paman satu ayah

Wali hakim

Wali hakim adalah orang yang ditunjuk oleh menteri agama untuk menjadi wali pernikahan seseorang.

Pendapat Ulama Mengenai Hukum Menikah Tanpa Wali bagi seorang Janda

Kebanyakan imam ahli fiqih berpendapat adanya wali nikah dari pihak perempuan adalah keharusan dan menjadi syarat sahnya pernikahan. Tidak terkecuali bagi gadis ataupun seorang janda. Namun, mari kita lihat pendapat para imam tersebut untuk lebih jelasnya.

Imam maliki

Imam Maliki berpendapat seorang wanita meskipun janda harus mendapatkan izin dari walinya ketika hendak menikah. Seorang janda tidak diperbolehkan menikahkan diri sendiri apapun alasannya. Intinya adanya wali dalam pernikahan menurut Imam Maliki adalah keharusan dan pernikahan tidak sah jika tidak ada wali.

Imam Syafi’i

Adanya wali merupakan rukun nikah yang tidak bisa ditinggalkan. Imam Syafi’i berpendapat pernikahan tidak sah, jika tidak ada wali meskipun yang menikah adalah seorang janda.

Imam Hambali

Imam Hambali pun berpendapat pernikahan harus ada walinya, meski yang menikah adalah janda. Pernikahan menjadi tidak sah atau batil jika tidak ada wali dari pihak perempuan baik gadis atau janda.

Imam Hanafi

Imam Hanafi memiliki pendapat yang berbeda, beliau berpendapat menikah tanpa wali bagi seorang janda adalah sah. Akan tetapi, jika pernikahan akan berdampak buruk dan menyalahi syariat agama Islam, wali berhak menghalanginya.

Itulah jawaban yang bisa kami sampaikan mengenai pertanyaan hukum menikah tanpa wali bagi seorang janda? Semoga memberi sedikit pencerahan. Wallahualam.

Baca Lainya:  Kamera Dslr Terbaik Dan Murah,Perlu anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.