Doa untuk pengantin baru agar menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah

Doa Untuk Pengantin baru agar menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah –
Doa adalah harapan atau permintaan yang di ucapkan dalam doa agar hajat kita ,doa kita terkabul oleh Alloh SWT.dalam sebuah pernikahan ijab qobul telah selesai dilaksanakan maka kedua mempelai sudah menjadi pasangan suami istri yang sah baik secara agama maupun secara pemerintahan.Dalam doa, kita tengah menyampaikan harapan dan permintaan kita kepada-Nya, atas pernikahan kedua mempelai.

Doa restu tampaknya sudah pada konteks duniawi semata. Doa restu lebih sering dimaknai menjadi sekadar restu atau persetujuan atau anugerah izin pada orang yang memintanya.

Apa yg perlu kita ungkapkan pada doa restu buat ke 2 pengantin adalah sebuah doa buat pengantin yang sudah diajarkan oleh Rasulullah.

Doa untuk pengantin baru

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

Doa untuk pengantin latin
“Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir”

Arti doa untuk pengantin
“Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim).

Inilah doa untuk pengantin yang diajarkan Rasulullah buat disampaikan pada pengantin. Doa atau kata mutiara pernikahan merupakan ungkapan rasa syukur atas berlangsungnya pernikahan.

Tetapi sayang, doa ini sering kali dilupakan sang para pengunjung, atau doa buat pengantin ini hanya sekadar menjadi hiasan tempat perayaan.

Makna Doa Untuk Pengantin
Jika kita mau mencermati, pada doa ini tersimpan kesempurnaan kebaikan.

Dalam doa untuk pengantin ini kita meminta keberkahan untuk kedua mempelai.

Ssebagaimana kita berdoa, “Baarakallahu laka” (بَارَكَ اللهُ لَكَ) artinya semoga Allah memberi keberkahan padamu.

Keberkahan berarti kebaikan berdasarkan Allah yg kian bertambah, baik berdasarkan segi kualitas juga kuantitas.
Keberkahan apa yang kita mintakan buat keduanya?

Baca Lainya:  Doa Niat sholat tarawih dan witir lengkap dan artinya

Yaitu, keberkahan pada hal rezeki yang baik, halal, & melimpah, serta keberkahan pada kehidupan dalam penghidupan keduanya. Allah pula melimpahkan rezeki lantaran pernikahan.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nuur ayat 32:

وَ اَنۡکِحُوا الۡاَیَامٰی مِنۡکُمۡ وَ الصّٰلِحِیۡنَ مِنۡ عِبَادِکُمۡ وَ اِمَآئِکُمۡ ؕ اِنۡ یَّکُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ یُغۡنِہِمُ اللّٰہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ؕ وَ اللّٰہُ وَاسِعٌ عَلِیۡمٌ

Artinya:

“Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS. An-Nuur ayat 32)

Ayat di atas memberikan pengertian kepada kita bahwa kalaau mereka fakir, miskin, atau susah, tetapi menikah karena taat kepada Allah, maka Allah akan membukakan karunia-Nya kepada mereka.

Allah akan memberikan keutamaan-Nya kepada mereka. Dan, Allah akan memberi rezeki kepada mereka.
Hal ini mengandung pengertian bahwa menikah adalah pintu rezeki karena menikah akan mendatangkan rezeki.
Tidak sedikit kita mendengar cerita dari seseorang yang berkata, “Waktu aku masih bujangan, rejekiku tidak pernah cukup-cukup dan rasanya kurang terus. Tapi, begitu aku menikah, rezekiku menjadi cukup dan berkah”.

Ha inilah yang menjadi salah satu dasar bahwa ternyata rezeki datang dari berbagai keadaan, salah satunya akan datang melalui pernikahan.
Keberkahan yang kita mintakan untuknya juga berarti bertambahnya kebaikan dan amal ketaatannya.

Artinya, jika sebelum menikah keduanya sulit mencapai ketenangan dalam beribadah dan menjalani ketaatan kepada Allah, maka setelah menikah mereka akan menjadi mudah untuk beribadah dan melakukan ketaatan.

Jika sebelum menikah keduanya sulit menjaga diri dan kemaksiatan, maka dengan menikah mereka akan mudah untuk menjaga diri sendiri dari kemaksiatan.
Maka dengan menikah mereka akan mudah untuk menjaga kesucian mata, sosial, dan menjadi insan yang lebih bertanggung jawab.
Dalam doa keberkahan ini, kita juga tidak hanya memintakan keberkahan untuk kehidupan keduanya saja, tapi juga doa untuk anak-nya serta keturunan mereka berdua. Karena doa adalah salah satu kado pernikahan yang baik.

Baca Lainya:  Doa malam nisfu syaban lengkap

Doa keberkahan untuk si pengantin terungkap dalam kata-kata, “Baarakallahu laka” yang berarti semoga Allah, memberikan keberkahan bagimu.

Dalam doa untuk pengantin ini kita meminta keberkahan untuk keturunannya.

Sedangkan doa keberkahan untuk anak-anak dan keturunannya terungkap dalam kata-kata, “Wabaarakallahu ‘alaika” (وَبَارَكَ عَلَيْكَ) yang berarti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu.

Keberkahan dalam keturunan berarti memperoleh anak-anak yang sehat, terampil, shaleh, dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya.

Dengan doa pengantin ini, secara tidak langsung kita juga telah mendoakan agar keduannya cepat-cepat diberi anak keturunan.

Betapa pentingnya mendapatkan sebuah keturunan, karena sungguh tidak sedikit orang yang hidupnya merana sebab sudah lama tidak dikaruniai anak. Kehidupan keduanya kurang harmonis, sering uring-uringan, dan bahkan ada yang sampai menimbulkan perceraian di antara keduanya.

Maka, doa keberkahan yang kita sampaikan kepada keduanya mencakup segala kebaikan untuknya, calon anak-anaknya, calon cucu-cucunya, dan seterusnya, baik menyangkut dunianya maupun akhiratnya.

Dalam doa untuk pengantin kita meminta agar Allah mengumpulkan keduanya dengan perkumpulan yang baik dan harmonis.

Yakni hubungan yang didasari oleh sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Ar Rum ayat 21:

وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَکُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِکُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡکُنُوۡۤا اِلَیۡہَا وَ جَعَلَ بَیۡنَکُمۡ مَّوَدَّۃً وَّ رَحۡمَۃً ؕ اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ یَّتَفَکَّرُوۡنَ

Artinya:

Baca Lainya:  Doa ketika kita bercermin

“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum ayat 21)

Sungguh, betapa pentingnya interaksi yang baik dan serasi antara suami dan istri, karena keduanya adalah kunci primer buat memperoleh keluarga yg bahagia dan sejahtera.

Tanpa adanya jalinan yg serasi antara keduanya, mustahil sebuah rumah tangga akan mencapai kebahagiaan & kesejahteraan.

Walaupun dikaruniai rezeki harta yg berlimpah & anak yg banyak, tetapi apabila hubungan keduanya kurang baik maka kehancuran yg didapat.

Sudah banyak contoh rumah tangga yang berantakan dan berakhir menggunakan perceraian karena suami dan istri tidak sanggup menjalin keharmonisan hubungan.

Untuk mencapai keluarga yg baik dan harmonis, orang terlebih dahulu memeperoleh sakinah dan rahmat.

Hubungan keluarga bisa harmonis jika di dalamnya terdapat sakinah. Mereka merasakan ketentraman dan kasih sayang.

Dalam keadaan diguncang kesulitan atau dikaruniai kesuksesan, suami dan istri tetap bisa merasakan ketentraman.

Kalau suami resah, terdapat pangkuan istri yg siap merengkuh dengan segenap perasaannya. Ketika suami tiba dengan paras kusam, istri siap memberi sambutan yang hangat.

Wajahnya tetap teduh dan penuh perhatian sehingga suami makin sayang. Begitu sebaliknya, saat istri gelisah, ada suami yg siap menampung air mata dengan dekapan hangat pada dada dan usapan tangan yang memberi ketentraman dan perlindungan.

Jadi, keharmonisan tempat tinggal tangga mensyaratkan adanya “sakinah, mawaddah, wa rahmah” merupakan ketenangan, ketulusan, dan kasih sayang.

Semoga bermanfaat dan dapat menambahkan ilmu pengetahuan khususnya doa doa islami yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari hari.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.