Mau Tahu Cara Menentukan Biaya Les Privat?

Jadiberkah.com – Pendidikan sangat penting untuk anak agar mempunyai masa depan yang cerah. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menentukan biaya les privat jika ingin membuka usaha di bidang jasa pendidikan.

Mutu pendidikan di negara kita selalu direvisi dari tahun ke tahun agar berkualitas. Orang tua murid pun banyak yang mencari tempat les privat untuk pelajaran anak-anak. Tujuannya agar mereka bisa memahami pelajaran sekolah dengan baik dan mendapat nilai bagus.

Tips Cara Menentukan Biaya Les Private

Jika Anda sudah bertekad bulat mau membuka les private tentu harus menentukan biaya yang akan diberikan pada murid. Tujuannya jika ada orang tua yang bertanya berapa biaya lesnya maka Anda telah siap untuk menjawabnya.

Cara menentukan biaya les priva

Berdasarkan Lokasi 

Tarif belajar privat akan berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya karena dipengaruhi biaya hidup yang dibutuhkan di masing-masing tempat. Sebagai contoh, tutor matematika di Bandung rata-rata Rp 57.000,- per pertemuan.

Akan tetapi, untuk daerah bogor rata-rata tarif les matematika Rp 73.000,- per pertemuan. Lain lagi dengan Jakarta, di sana per pertemuan dikenakan tarif Rp 80.000,-. 

 

Baca Lainya:  Ketahui Biaya Les Privat Per Hari Sebelum Panggil!

Berdasarkan Pengalaman 

Cara menentukan biaya les privat berikutnya yaitu berdasarkan pengalaman.  Pengalaman mengajar tutor sangat menentukan variasi tarif biaya les per pertemuannya.

Seorang pengajar baru tentu akan berbeda tarif dengan yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

 

Berdasarkan Mata Pelajaran 

Biaya tarif les juga bisa dibedakan melalui mata pelajaran masing-masing. Berikut ini contohnya : 

  • Matematika Rp 54.000,- 
  • Biologi Rp 70.000,- 
  • Bahasa Inggris Rp 58.000,- 
  • Kebugaran Rp 84.000,- 
  • Rajutan Rp 63.000,- 
  • Fisika Rp 92.000,- 

 

Baca Lainya:  Bisnis Rongsokan Online, Berkah Dari Barang Bekas!

Cara Mendapatkan Tarif Murah untuk Siswa 

Sebagai siswa tentu Anda ingin mendapat tarif belajar yang murah agar biayanya menjadi ringan. Berikut ini beberapa tips agar mendapat tarif terjangkau : 

  • Belajar secara berkelompok sehingga tarifnya bisa lebih murah 
  • Pilih tutor dengan kualifikasi lebih sedikit, tetapi bukan berarti tutor tersebut tidak berkualitas 

 

Sekarang Anda tidak bingung lagi jika ada orang tua murid yang bertanya tentang tarif belajar per pertemuan. Cara menentukan biaya les privat pun bisa dilihat berdasarkan lokasi, pengalaman pengajar, dan mata pelajaran. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.