Cara Menabung Emas di BNI Bagi Pemula 

Jadiberkah.com – Investasi dalam bentuk emas dinilai merupakan investasi paling aman. Pasalnya risiko kerugian nyaris rendah dibanding investasi dalam bentuk lain. Serta dapat menahan kenaikan harga atau inflasi. Namun mungkin banyak yang masih belum tahu bagaimana cara menabung emas di BNI.

Emas juga dijadikan pilihan teraman dalam investasi karena dipandang stabil dalam jangka waktu lama. Selain itu, emas juga dapat dijual dengan cepat. Baik emas dalam bentuk perhiasan atau emas batangan. Tidak heran jika kebanyakan orang lebih memilih menginvestasikan uang mereka dalam bentuk emas.

3 Panduan Menabung Emas Bagi Pemula

Banyaknya kelebihan yang diperoleh dari investasi emas, membuat banyak orang yang menginginkannya. Jadi bagi Anda yang masih pemula dalam investasi, bisa mengikuti tips di bawah.

Buat Perencanaan dan Tujuan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat ingin melakukan investasi adalah memikirkan terlebih dulu tujuan dari investasi tersebut. Sebaiknya rencanakan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Jadi Anda tidak tergoda untuk menjualnya ketika investasi baru berjalan dalam tempo singkat.

Misalnya salah satu tujuan dalam menabung emas adalah untuk menyelenggarakan acara pernikahan. Bisa juga untuk biaya kuliah anak Anda beberapa tahun lagi. Mungkin untuk biaya tabungan naik haji atau merenovasi rumah. Tujuan-tujuan tersebut, membuat Anda dapat lebih fokus dalam menabung emas.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Ketika membuka tabungan emas, tidak ada salahnya untuk memastikan apakah kemampuan finansial Anda sudah mencukupi. Menabung atau berinvestasi hendaknya menggunakan uang yang tidak terpakai atau surplus. Ini untuk menghindari kemungkinan berhutang agar dapat memenuhi keperluan investasi.

Investasi atau tabungan dalam bentuk emas ini hendaknya dilakukan ketika tabungan dana darurat Anda cukup. Dana darurat ini minimal sama nilainya dengan biaya hidup satu keluar dalam 6 bulan. Setelah yakin cukup, baru bisa menginvestasikan uang untuk kebutuhan lain.

Pilih Jenis Emas yang Akan Diinvestasikan

Masyarakat umumnya lebih menyukai menabung dalam jenis perhiasan. Mereka beranggapan perhiasan, selain menjadi tabungan, dapat juga dipergunakan untuk menghiasi diri. Namun sebenarnya lebih baik menabung emas logam mulia, bagi para pemula.

Kelebihan logam mulia ini adalah harga jual yang lebih tinggi dibanding perhiasan. Mengingat harga jual perhiasan nantinya akan dipengaruhi oleh biaya pembuatan, nilai seni dan penurunan harga. Selain itu, menjual perhiasan emas juga harus dilakukan pada toko yang sama ketika membeli emas tersebut.

Cara Menabung Emas di BNI, Begini Caranya

Jika Anda ingin mencoba berinvestasi dalam bentuk logam mulia,bisa memulainya dengan menabung di BNI. Adapun cara menabung emas di BNI adalah sebagai berikut ini.

  • Mempersiapkan dokumen berupa fotokopi KTP, NPWP dan mengisi formulir.
  • Berusia minimal 21 tahun, maksimal 60 tahun. 
  • Mempunyai penghasilan tetap. 

Setelah melengkapi semua persyaratan tersebut, Anda dapat mengangsur setiap bulan untuk memperoleh logam mulia. Jangka waktu pembiayaan biasanya selama 2 hingga 5 tahun. Demikian cara menabung emas di BNI. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.