Membuka Usaha Laundry Pemula, Ikuti 8 Cara Ini Agar Sukses!

Jadiberkah.com – Cuci dan seterika menjadi pekerjaan sehari-hari di rumah tangga yang tidak pernah ada habisnya. Oleh karena itu usaha laundry pemula menjadi alternatif usaha yang sangat menguntungkan. Banyak orang yang membutuhkan jasa ini.

Keuntungan lain dari usaha laundry adalah tidak memerlukan skill dan modal cukup. Ingin mencobanya? Baca terus artikel ini!

Cara Memulai Usaha Laundry Pemula

Meski disebut tidak membutuhkan skill dan modal besar, Anda tetap memerlukan langkah yang tepat agar berhasil. Apa sajakah itu? Di bawah ini uraian singkatnya.

Memahami Seluk Beluk Laundry

Setiap memulai bisnis, diperlukan langkah yang tepat. Anda tidak dapat melakukannya secara spontan.

Khusus untuk laundry, tentu saja Anda harus mengetahui seluk beluknya, seperti: kebutuhan konsumen, jam operasional, dan peralatan.

Menghitung Kebutuhan Modal

Dengan mengetahui seluk beluk laundry, Anda akan dapat menghitung kebutuhan modal.

Kelompok modal tersebut, yaitu sewa tempat, membeli peralatan, fee karyawan, dan marketing.

Menentukan Lokasi

Tempat menjadi sesuatu yang penting untuk bisnis. Anda tidak mungkin membuka laundry di pinggir jalan sepi.

Jadi, carilah lokasi yang cukup ramai atau dekat perumahan penduduk yang kemungkinan akan menggunakan jasa yang ditawarkan.

Mengamati Kompetitor

Bisnis laundry dapat dikatakan mudah dibandingkan lainnya. Namun, kompetitor di bidang ini juga sudah cukup banyak.

Alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk mengamati mereka. Setelah itu, lakukan hal yang unik dan menarik pelanggan.

Menentukan Harga

Laundry biasanya dibuka dalam dua jenis: kiloan dan satuan. 

Untuk menentukan harga, Anda terlebih dahulu harus memutuskan terlebih dahulu jenis yang akan dibuka dan target pasar. Boleh saja memberi harga mahal asal pelayanan memuaskan. Sebaliknya, harga murah juga jangan membuat bisnis murahan.

Membuat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Buatlah standar pelayanan atau SOP laundry yang pas. Semua karyawan akan bekerja menggunakan standar tersebut. Konsumen akan lebih puas dengan hasilnya.

Menentukan Strategi Marketing

Strategi marketing merupakan cara Anda memperkenalkan bisnis. Ini harus dipikirkan sejak awal agar saat usaha dibuka langsung berjalan.

Mengelola Keuangan

Kelola keuangan dengan baik dengan memastikan pengeluaran tidak lebih banyak dari pemasukan. Keuntungan awal akan terlihat dari sini.

Tidak ada bisnis yang mudah, termasuk usaha laundry pemula. Namun, jika Anda melaksanakannya secara sungguh-sungguh dan konsisten semua akan menjadi terang dan sukses.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.