Tips 3 Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Bagi Pemula

Jadiberkah.com – Berbicara tentang bisnis mungkin tidak akan ada habisnya. Seperti cara membuka usaha laundry rumahan. Namanya saja rumahan, maka bisnis tersebut bisa berskala kecil dan bisa saja memakai rumah sebagai tempat usaha. Ada banyak keuntungan dari bisnis laundry, karena tidak memerlukan skill. Sedangkan untuk modal, minimal terdapat mesin cuci. Maka bisnis tersebut bisa jalan.

Meskipun memiliki beberapa keuntungan, seperti tidak memerlukan skill tinggi dan modal besar. Bukan berarti bisnis laundry tidak memiliki risiko. Rencanakan dengan matang sebelum membuka jasa laundry. Cari tahu pula bagaimana cara membuka usaha bisnis laundry rumahan yang akan dibahas kali ini. Penasaran untuk pembahasannya? Simak berikut ini.

Cara Membuka Bisnis Laundry Rumahan

Semakin hari akan semakin banyak membuka bisnis laundry. Karena peluangnya juga bisa dikatakan bagus. Meskipun yang akan dibahas termasuk bisnis rumahan, bukan berarti harus  dijalankan secara setengah-setengah. Jalankan bisnis laundry semaksimal mungkin sehingga pelanggan tidak akan berpaling. Berikut tips yang bisa dilakukan sebelum membuka bisnis laundry.

1. Lokasi

Yang pertama yang dilakukan adalah letak usaha bisnis laundry. Karena segmen rumahan, bisa memakai garasi atau teras rumah yang sudah disulap menjadi tempat laundry. Jangan lupa untuk melihat kondisi lingkungan sekitar.

Lokasi yang cocok untuk bisnis laundry adalah kawasan kos-kosan atau tempat kontrakan mahasiswa dan karyawan. Jangan sampai salah lokasi sehingga membuat bisnis sepi. 

2. Modal

Setelah menentukan lokasi yang tepat, selanjutnya adalah modal yang harus disediakan. Hitung semua kebutuhan untuk membuka bisnis laundry.

Karena bukan hanya mesin cuci dan setrika saja, ada beberapa yang mungkin tidak terlihat. Misalnya biaya pemasaran dan brosur. Jika diperlukan, buatlah riset bisnis laundry terlebih dahulu. 

Pahami segala tentang bisnis laundry

Bisnis laundry bukanlah termasuk bisnis baru. Karena itu, jangan langsung membuka bisnis ini sebelum mengetahui segala seluk beluknya. Jangan buka tanpa pikir panjang, karena bisa berakibat bisnis laundry mengalami kegagalan.

Karena kurangnya riset dan persiapan. Tanya pada orang yang paham terhadap bisnis laundry. Sehingga bisa mengetahui seluk beluknya. Seperti peluang usaha, biaya operasional, sampai biaya promosi. 

Semoga 3 tips cara membuka bisnis laundry rumahan bisa membantu yang ingin membuka bisnis baru di rumah. Meskipun terlihat sederhana, namun jika tanpa persiapan bisa berakibat bisnis akan gagal. Konsisten dalam menjalankan usaha. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.