Menjanjikan! Inilah Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan

Jadiberkah.com – Salah satu bisnis jasa yang banyak menjamur saat ini adalah usaha laundry. Banyak yang bertanya-tanya, berapa keuntungan bisnis laundry kiloan? Para pengusaha tentu saja tidak akan menjalankan sebuah bisnis jika keuntungannya kurang menjanjikan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menekuni sebuah bisnis.

Biasanya, insting pengusaha yang kuat selalu mencari peluang dengan profit besar. Pertanyaan seperti, “Berapa keuntungan bisnis laundry kiloan?” harus selalu dijawab saat awal memutuskan hendak terjun. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan saat memulai bisnis tersebut. 

Berapa Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan? Ini Perhitungannya

Ada beberapa elemen penting yang harus diketahui para pebisnis laundry pemula. Hal inilah yang kemudian bisa Anda masukkan dalam perhitungan keuangan untuk menentukan keuntungannya.

Modal awal

Modal awal disini berupa kebutuhan yang harus disediakan sebelum bisnis berjalan. Jika ingin membuka usaha laundry, mesin cuci menjadi modal terbesarnya. Biasanya, harga mesin cuci yang digunakan antara 2.500.000 – 5.000.000 rupiah. Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget. Jika sudah memiliki mesin cuci sebelumnya, tentu biaya modal awal akan lebih murah.

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan pelengkap seperti deterjen, pewangi pakaian, dan parfum laundry. Saat ini sudah banyak dijumpai supplier laundry, Anda tinggal memilih yang sesuai. Barang lain yang dibutuhkan adalah perlengkapan untuk menyetrika pakaian. Jangan lupa juga menyediakan kemasan untuk hasil akhirnya. Selain itu, instalasi listrik juga sudah harus terpasang dengan rapi.

Promosi dan target penjualan

Jika semua modal awal sudah tersedia, sekarang saatnya menuju bagian promosi. Anda bisa mencetak banner dan brosur untuk media promo. Jika ingin lebih irit, manfaatkan media sosial yang dimiliki. Pasang target penjualan yang masuk akal setiap harinya. Lakukan evaluasi jika konsumen yang datang tidak memenuhi target.

Setelah itu, Anda bisa mendapatkan hasil keuntungan dari jumlah omset dikurangi dengan biaya operasional.

Itulah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk menjawab pertanyaan berapa keuntungan bisnis laundry kiloan? Semoga bisa membantu Anda sebelum terjun ke bisnis laundry kiloan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.