6 Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Yang Harus Diketahui

efek samping vaksinasi

Jadiberkah.comProgram vaksinasi yang tengah digencar oleh pemerintah saat ini juga menjadi polemik tersendiri bagi masyarakat. Selain dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan sesuai dengan standar vaksinasi, efek samping vaksinasi Covid-19 ternyata juga banyak membuat masyarakat enggan untuk suntik vaksin. Penggalakkan suntik vaksin ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga dilakukan di banyak negara.

Efek samping vaksinasi Covid-19 tidak hanya satu yang dirasakan oleh masyarakat yang pernah melakukan vaksin, tapi ada beberapa efek samping yang dirasakan. Oleh sebab itu sangat disarankan sebelum dilakukan suntik vaksin, masyarakat yang ingin melakukan vaksin untuk memeriksakan diri terlebih dahulu. Ketahui dengan pasti kondisi tubuh diri sendiri agar tidak memberikan dampak yang tidak diinginkan.

Lantas efek samping apa saja yang akan dialami seseorang yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19? Berikut ringkasannya.

Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Yang Dirasakan

Efek samping vaksinasi Covid-19 sebenarnya ada bermacam-macam, semua tergantung dari kondisi tubuh yang dimiliki saat akan dilakukan vaksin. Karena pada dasarnya kondisi tubuh orang yang satu dengan yang lainnya adalah berbeda-beda, jadi wajib untuk melakukan pemeriksaan mandiri untuk mengetahuinya. Berikut beberapa efek yang sering muncul setelah dilakukan vaksinasi Covid-19. Diantaranya adalah :

Baca Lainya:  Inilah obat batuk herbal dewasa

1.      Demam

Efek pertama yang sering terjadi pada seseorang yang sudah divaksin adalah akan menimbulkan panas hingga demam. Panas demam ini suhunya biasanya diatas 38 derajat celcius. Jika merasakan efek tersebut, diperbolehkan untuk minum penurun panas.

2.      Badan Pegal-Pegal

Efek lain yang dirasakan adalah badan yang terasa pegal-pegal. Seluruh tubuh akan terasa capek dan linu, seperti habis melakukan pekerjaan yang berat. Sebaiknya segera beristirahat dan minum suplemen agar tubuh tidak drop. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu, pastikan dengan benar kalau tubuh memang sudah siap untuk melakukan aktivitas seperti sebelumnya.

3.      Pusing

Efek selanjutnya adalah menimbulkan sakit kepala atau pusing. Kepala juga akan terasa berat, untuk mengatasi efek tersebut dianjurkan segera minum pereda nyeri, agar keluhan sakit kepala atau pusing dapat ditangani segera.

Baca Lainya:  Apa itu Rubella

4.      Mual Dan Ingin Muntah

Setelah vaksinasi, tubuh juga dapat terjadi gejala mual dan muntah. Ditandai dengan perut begah seperti serangan maag. Jika mengalami efek tersebut, segera minum minuman hangat dan manis. Apabila perlu bisa minum obat mual dan muntah.

5.      Mengantuk

Efek yang paling sering terjadi adalah tubuh akan merasakan ngantuk yang sangat parah. Meski sudah tidur tetap mata akan berat dan rasanya ingin tidur terus. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga, usahakan untuk banyak minum air putih agar keseimbangan air dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Meskipun tubuh terasa sangat lelah dan mengantuk luar biasa, keseimbangan ion tetap harus dijaga dengan rutin minum air putih.

6.      Sakit Pada Bengkak Di Sekitar Area Penyuntikan

Yang sering terjadi setelah vaksin adalah rasa nyeri, pegal atau bengkak pada lengan atau area penyuntikan. Jika terjadi hal tersebut bisa dikompres dengan air hangat.

Baca Lainya:  Kenali Segera Jenis Penyakit yang Tidak Boleh Di Vaksin Covid-19 Sebelum Mulai Suntik

Di atas tadi adalah efek samping vaksinasi Covid-19. Yang jelas ,memang setelah menerima vaksin sebaiknya istirahat total jangan lupa minum tambahan suplemen vitamin agar tubuh tetap fit saat membentuk antibodi. Selain itu juga jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri beberapa hari sebelum melakukan suntik vaksinasi Covid-19. Semoga ulasannya bermanfaat yah, yuk suntik vaksin agar terhindar dari virus Corona!

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.