4 Khasiat dan Kegunaan Tanaman Porang

Jadiberkah.com – Di Indonesia, ada sebuah tanaman yang sedang naik daun dan banyak digandrungi oleh para petani pemilik lahan perkebunan untuk dibudidayakan. Ya, Tanaman tersebut bernama Porang.

Porang sendiri adalah sejenis umbi umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Pada awalnya tanaman ini adalah tanaman liar yang sering tumbuh di semak semak atau area hutan.

Pemerintah lewat Perhutani, baru memperkenalkan porang pada tahun 1980 an sebagai tanaman budidaya. Kemudian, pada tahun 2012, melalui instruksi menteri BUMN saat itu, tanaman porang dikembangkan dan mulai banyak di budidayakan di daerah Jawa Timur.

Nah, lalu apa saja sih sebetulnya khasiat dan juga kegunaan dari tanaman porang. Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Apa Saja Khasiat Porang, dan Apa Kegunaannya ?

 

  1. Menurunkan Berat Badan Secara Ideal

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian bagi setiap orang, khususnya bagi seorang wanita. Karena itulah tak heran jika banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara agar memiliki tubuh yang ideal. Berbeda dengan berat badan yang berlebih, dimana selain tidak baik untuk kesehatan, tentu juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Baca Lainya:  Apa Yang Dimaksud Dengan Rumah Subsidi

Salah satu yang dapat dilakukan yakni mengonsumsi porang. Porang dikenal sebagai jenis tanaman yang mampu menurunkan berat badan yang ideal. Hal ini disebabkan oleh karena porang ini mampu untuk menyerap banyak air dan membentuk massa yang kental.

Itulah yang mampu membuat waktu transit makanan dari lambung ke dalam usus halus berjalan lebih lambat. Sehingga kondisi seperti ini dapat memberi efek rasa kenyang pada perut.

Kalori pada porang cukup rendah yakni sekitar 3 kkal/gr saja. Dengan rendahnya kalori tersebut porang dikatakan mampu untuk mengurangi jumlah energi yang dihasilkan per satuan berat makanan. Karena itulah porang disebut sebagai tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

  1. Digunakan Sebagai Bahan Dasar Obat

Khasiat porang selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu sebagai bahan dasar obat. Terdapat kandungan KGM pada tanaman porang yang ternyata sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan, sehingga porang ini bisa digunakan dalam dunia medis.

Baca Lainya:  Tujuan Negara Ekspor dan Harga Tanaman Porang

Tak hanya itu saja, dimana porang ini juga mengandung lem alami yang berperan untuk merekatkan kapsul pada obat. Tentu ini adalah hal yang sangat menguntungkan bagi banyak orang, terutama untuk anda yang melakukan budidaya tanaman porang. Sebab keuntungan yang diperoleh juga menjanjikan.

Selain beberapa khasiat yang sudah dijelaskan di atas, penting juga bagi anda untuk mengetahui apa kegunaan dari porang itu sendiri. Sehingga banyak sekali orang yang melakukan budidaya tanaman yang satu ini.

Kegunaan Tanaman Porang

Jika dilihat dalam sebuah penelitian, porang tidak hanya digunakan dalam satu tujuan saja. Namun cukup banyak kegunaan dari tanamanan porang ini, yang mana beberapa kegunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Tanaman porang dibudidaya oleh banyak orang karena dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tepung, gelatin, dan mi shirataki.
  2. Kegunaan dari tanaman porang ini juga digunakan untuk bahan baku pelapis antiair, pembuatan lem, pembuatan cat, pengisi tablet, pengental, sebagai bahan-bahan kosmetika, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Baca Lainya:  Mengetahui Tentang Modal Menanam Tanaman Porang

Nah, itulah pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai khasiat tanaman porang dan juga kegunaannya. Bagi anda yang kurang memahami tentang tanaman ini, alangkah baiknya anda berkunjung ke situs ini dan membaca pembahasan dalam artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.