Hukum Punya Harta Tapi Enggan Bayar Hutang

Jadiberkah.com |Punya Harta Namun Tidak Bersegera Membayar Hutang..!!!,Mungkin ada orang yang punya hutang pada orang lain, ketika ia punya uang dan mampu untuk membayar, ia tidak segera melunasinya tapi malah sibuk membeli kebutuhan lainya, Ini tidak dibenarkan dalam ajaran Islam.

Agama islam menekankan bahwa yang namanya hutang itu adalah darurat. Tidak bermudah-mudah berhutang dan hanya dilakukan di saat sangat dibutuhkan saja. Jika sudah mampu membayar, maka segera bayar. Jika sengaja memunda membayar hutang padahal mampu ini adalah kedzaliman.

Baca Lainya:  tata cara sholat bagi wanita yang sedang hamil

Sengaja Menunda Pelunasan? Awas Bahaya Dunia-Akhirat..!!!

Sangat bahaya dan rugi dunia-akhirat, jika sengaja menunda membayar hutang padahal mampu. Berikut beberapa hal tersebut:

Jika meninggal dan membawa hutang, ia akan terhalang masuk surga meskipun mati syahid

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

لَوْ أَنَّ رَجُلاً قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ أُحْيِىَ ثُمَّ قُتِلَ مَرَّتَيْنِ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ مَا دَخَلَ الْجَنَّةَ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ

Baca Lainya:  Hormati istrimu karena mereka melewati lembah kematian untuk membawa kehidupan

seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya hutang, maka dia tidak akan masuk surga sampai hutangnya itu dilunasi.

Wallahu a’lam bisshawab..
Semoga hutang2ku dan hutang2mu cpt lunas lurr..Aamiin

Semoga bermanfaat

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.