Bagaimana Cara Menambang Crypto?

Bisnis – Cara menambang crypto saat ini jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu, di tengah tingginya popularitas crypto secara global, termasuk di Indonesia. Pasalnya, berkat layanan cloud mining, penambangan kripto bisa dilakukan dari jarak jauh dan tanpa membeli peralatan penambangan. Secara sederhana, cloud mining adalah cara menambang crypto tanpa perlu membeli peralatan penambangan secara langsung.

Menambang crypto adalah proses pemecahan masalah matematika yang kompleks. Oleh karena itu dikatakan menambang karena dianggap sama sulitnya dengan proses menambang pada umumnya. Penambangan kripto membutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi untuk melakukan komputasi yang kompleks.

Proses penambangan crypto ini merupakan bentuk upaya untuk menghasilkan blok baru di blockchain. Blockchain ini adalah database yang menyimpan informasi tentang aset kripto. Bagi yang tertarik untuk memiliki aset kripto, simak cara mendapatkannya di bawah ini.

Cara Menambang Kripto

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan aset kripto. Metode ini termasuk membeli dengan uang, menukar barang, dan menambang crypto. Mining crypto sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan 4 cara yaitu pool mining, cloud mining, solo mining dan juga trading.

Baca Lainya:  Contoh Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Bagi para pemula yang ingin menambang crypto bisa menggunakan cara yang terakhir yaitu trading. Cara menambang kripto dengan metode trading ini dilakukan melalui beberapa aplikasi Android. Untuk melakukan mining melalui Android, Anda bisa menggunakan aplikasi berikut ini:

Menggunakan Minergate Mobile Miner

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mining crypto adalah Minergate Mobile Miner. Aplikasi ini merupakan aplikasi mining yang digunakan di PC, namun bisa juga digunakan di Android. Untuk menambang kripto menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah dilakukan, simak caranya berikut ini:

  • Instal aplikasi di android pengguna.
  • Setelah itu, daftar untuk membuat akun.
  • Untuk memulai menambang, pilih opsi menambang. Kemudian akan muncul dua pilihan mining yaitu mobile mining dan cloud mining. Untuk penambangan seluler, itu bisa dilakukan secara gratis, sedangkan untuk penambangan awan, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang.
  • Login ke akun yang telah dibuat.
  • Masuk sebagai penambang lalu pilih aset kripto yang ingin didapatkan.

Apa itu Penambangan di Crypto?

Menambang crypto adalah serangkaian proses untuk mengekstraksi aset crypto baru. Komputer untuk menambang biasanya menggunakan jenis perangkat keras yang canggih. Spesifikasi hardware yang Anda gunakan juga harus mampu menyelesaikan teka-teki matematika komputasi yang tergolong sulit

Baca Lainya:  Rupanya Begini Cara Menggambar Orang Psikotes TNI

Berapa Biaya Menambang 1 Bitcoin?

Untuk menggali 1 keping Bitcoin, biaya yang dikeluarkan mencapai US$21.307 atau sekitar Rp320 juta. Adhy Surya, seorang penambang Bitcoin dari Indonesia, memperkirakan bahwa ia membutuhkan waktu sekitar 150 bulan untuk menambang 1 BTC. Itu berdasarkan perhitungan penghasilannya setiap bulan.

Kapan BTC Akan Selesai Di Penambangan?

Di antara semua penggiat cryptocurrency, penambang atau penambang adalah pihak yang paling merasakan dampaknya ketika Bitcoin habis.

Menurut Bitcoin Maximalist dan Co-Founder Komunitas Cryptowatch, Danny Taniwan, semakin sedikit Bitcoin yang tersedia, semakin lambat peredarannya. Saat Bitcoin mulai habis, penambang tidak akan lagi mendapatkan penghasilan berupa reward atau melalui airdrops. Satu-satunya penghasilan yang bisa didapat penambang adalah biaya transaksi.

Mengapa? Karena jaringan BTC akan tetap beroperasi seperti biasa. Hanya saja sudah tidak ada lagi Bitcoin yang tersedia, sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya. Pada saat normal ketika stok BTC masih banyak, penambang akan menerima hadiah ketika mereka berhasil menambahkan blok baru ke jaringan blockchain. Menambahkan blok baru dilakukan dengan memecahkan teka-teki kriptografi.

Baca Lainya:  Bingung Vtube Haram Atau Halal? Ini Faktanya!

Mereka juga akan mendapatkan ‘reward’ ketika berhasil memverifikasi transaksi yang dilakukan oleh pengguna. Semakin besar dan semakin sulit transaksinya, semakin besar imbalan yang didapat penambang. Biaya transaksi akan menjadi pendapatan bagi para penambang.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.