Tugas Programer Yang Jarang Diketahui Orang

tugas programer

Jadiberkah.com – Bagi orang yang awam, gambaran seorang programer adalah yang selalu bekerja di depan komputer. Padahal, tugas programer bisa lebih dari itu. Seorang programer memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi di dunia, terutama teknologi digital. 

Tanpa disadari dalam keseharian sering memakai berbagai macam aplikasi. Aplikasi-aplikasi itulah dibuat oleh seorang programer. Sehingga bisa membantu pekerjaan sehari-hari.

Menciptakan sebuah kode dan mengubahnya sehingga bisa dibaca dengan mudah oleh komputer. Sehingga kode tersebut bisa dipakai oleh berbagai macam aplikasi. Itulah salah satu tugas programer. Sebenarnya masih banyak tugas seorang programer, seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Pengertian dan Tugas Programer Yang Patut Diketahui

Programer ialah salah seorang dengan keahlian menulis kode dalam menciptakan perangkat lunak di komputer. Istilah dari pekerjaan ini mengarah ke seorang spesialis bahasa pemrograman komputer. Dan di beberapa perusahaan, posisi seperti ini umumnya disebut sebagai software engineer.

Posisi seorang programer pun sangat dicari lantaran mereka memiliki keterampilan dalam menulis kode guna pembuatan sebuah proyek atau fitur baru yang akan terjadi. Tugas seorang programer sendiri menciptakan kode dan mengubahnya menjadi set instruksi yang dapat diikuti komputer. Jika sudah menulis maka selanjutnya set instruksi tersebutlah yang akan menghasilkan interaksi yang ada pada tiap aplikasi maupun perangkat lunak lain. Bahkan jika menarik garis besar, seorang programer memiliki peranan dalam proses perancangan, debugging atau troubleshooting, pemeliharaan kode dan pengujian. Namun tugas utama mereka adalah membuat program dengan menghasilkan perilaku tertentu.

Tugas Seorang Programer

  1.       Merancang Tampilan Program

Tugas dari seorang programmer ialah merancang tampilan program. Hal ini programer bisa membuat sebuah sketsa alur aplikasi secara umum dengan melalui bentuk flowchart atau biasa disebut tampilan grafis.

  1.       Menulis kode program

Menulis kode program atau yang biasa disebut dengan source code adalah sebuah tugas penting yang dikerjakan oleh programer. Tugas ini pun dilakukan ketika seorang programer sudah selesai membuat flowchart. Sederhananya, programer menggunakan gambaran flowchart dalam bentuk kode program dengan bahasa pemrograman yang sudah disepakati.

  1.       Mendefinisikan Kebutuhan

Mendefinisikan adanya suatu kebutuhan ialah tugas paling utama yang perlu dilakukan oleh seorang programer sebelum melanjutkan tugas dalam pembuatan aplikasi. Hal ini pun sangat dibutuhkan sebagai bentuk penilaian dari tingkat kepuasan pengguna selesai menggunakan aplikasi yang dibuat. Tidak hanya itu saja, programer juga harus bisa menentukan jenis platform dan tools lainnya yang hendak digunakan dalam mengimplementasikan sebuah aplikasi.

  1.       Menguji Program

Pengujian program merupakan sebuah tugas seorang programer, yang mana aplikasi sudah selesai dibuat dan hendak di publish ke pengguna. Dengan ini, aplikasi yang sudah dibuat dapat memiliki banyak manfaat untuk pengguna.

  1.       Debug Program

Dan terakhir tugas dari seorang programer ialah pada saat menyelesaikan tulisan kode program, maka programer harus bisa melakukan proses debug pada aplikasi tersebut. Tujuan dari ini adalah agar programer bisa mengecek apakah terjadi kesalahan atau error pada aplikasi buatannya. Walaupun terjadi kesalahan, maka tugas programer harus bisa mengevaluasi kode program yang telah dibuatnya.

Jadi itulah tugas dari seorang programer yang harus kalian ketahui jika berminat bergelut dalam dunia IT terkhususnya di bidang programming. Sudah tidak penasaran lagi kan dengan tugas programer?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.