Bagaimanakah Perbedaan TKI dan TKW

Jadiberkah.comBagaimanakah Perbedaan TKI dan TKW , Dalam dunia tenaga kerja, tentunya Anda sering mendengar tentang TKI dan TKW, namun tidak semua orang bisa membedakanya.

Namun secara spesifik Anda dapat menemukan definisi TKI dalam UU. Secara resmi, pemerintah telah menetapkan batasan tentang apa yang dimaksud dengan TKI dan apa perbedaan antara TKW.

Pengertian TKI & TKW

Ada beberapa undang-undang yang bisa dijadikan acuan mengenai pengertian TKI atau Tenaga Kerja Indonesia. Setidaknya, ada 3 peraturan pemerintah yang kami temukan berbicara tentang definisi TKI.

Sedangkan yang dimaksud dengan TKW adalah tenaga kerja perempuan. Jadi cakupannya lebih sempit karena hanya TKI yang berjenis kelamin perempuan.

Baca Lainya:  Manfaat TKI Bagi Negara Yang Perlu Anda tahu

Berikut ini kita akan urai satu persatu tentang apa itu TKI dan TKW

 

Pertama, berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2002 tentang Penempatan TKI di Luar Negeri, pengertiannya adalah sebagai berikut:

Secara fisik kita bisa membedakan  bahwa TKI adalah tenaga kerja laki-laki dan perempuan yang bekerja di luar negeri dalam jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian kerja melalui tata cara penempatannya sebagai TKI.

Memang tidak sedikit dari masyarakat yang bertanya tentang perbedaan TKI dan TKW. Bahkan Anda mungkin juga sering mendengar istilah kedua dan wara wiri di media massa.

 

Jenis Pekerjaan TKI dan TKW

Secara sepesifik untuk mengetahui perbedaannya, akan kita bahas berdasarkan status pekerjaan dan bidang pekerjaaannya dan Anda dapat melihat perbedaanya berikut ini:

Baca Lainya:  Apa Saja Pekerjaan Para TKI dan TKW Di Luar Negeri

 

Seperti yang kita bahas diatas bahwa TKI adalah Tenaga Kerja Indonesia. Jadi, cakupan definisinya lebih umum karena mencakup semua pekerja di luar negeri. Baik pria maupun wanita.

Status Pekerjaan

TKI yang bekerja baik formal maupun informal.

TKW umumnya diidentikkan dengan TKI perempuan yang bekerja di sektor informal.

Bidang pekerjaan

Meliputi pekerjaan PRT seperti babysitter, pengasuh lansia, juru masak, tukang kebun, dan pembantu rumah tangga.

Dari uraian singkat di atas, terlihat jelas bahwa TKI merupakan istilah umum, sedangkan TKW lebih khusus. Tidak semua TKI adalah TKW, tapi semua TKW sudah pasti TKI.

Baca Lainya:  Foto tragedi truk rem blong di jatisawit,bumiayu

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.