Manfaat Kelapa Sawit Secara Ekonomi

Jadiberkah.com – Kelapa sawit adalah tumbuhan yang menjadi bahan dalam pembuatan minyak sawit. Tumbuhan ini berasal dari 2 tempat, yakni kelapa sawit dari Afrika dan juga Amerika.

Di Indonesia, perkebunan sawit tersebar di berbagai macam daerah, mulai dari daerah-daerah yang ada di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan pulau Jawa.

Dengan banyaknya perkebunan yang memproduksi kelapa sawit. Tak heran jika produksi hasil tanaman sawit Indonesia saat ini semakin melimpah dan dinobatkan sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia dengan penguasaan pasar global sekitar sebanyak 55%.

Di Negara Indonesia itu sendiri, terkadang pembukaan lahan sawit menimbulkan masalah, terutama karena cara-cara nya yang dianggap salah, seperti misalnya pembakaran hutan yang berefek pada buruknya udara karena kabut asap dan juga menimbulkan masalah lingkungan.

Namun, Terlepas dari pro kontra pembangunan perkebunan sawit yang sering muncul di tengah masyarakat. Perkebunan kelapa sawit memiliki manfaat sendiri dalam berbagai bidang, terutama bidang Ekonomi. Lalu, apa saja manfaatnya?. Berikut ini adalah jawabannya.

Baca Lainya:  2 Faktor Penyebab Pengamen Jalanan Harus Menjadi Perhatian Semua Pihak

Apa Saja Manfaat Kelapa Sawit di Bidang Ekonomi?

  1. Sumber Penghasil Devisa

Indonesia adalah penguasa 55% pasar sawit Internasional. Tak heran, jika kelapa sawit menjadi sumber penghasil devisa terbesar bagi Indonesia dalam bidang ekspor.

Menurut dari hasil data yang diteliti, total nilai ekspor sawit Indonesia tahun 2019 mencapai 220 triliun. Sedangkan, pada tahun 2020 jumlahnya meningkat 18% menjadi 258 triliun.

Kelapa sawit sendiri umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak sawit untuk menggoreng makanan. Selain itu, minyak sawit juga digunakan pada industri kosemetik, pasta gigi, tinta, pelumas dan juga sabun.

  1. Menciptakan Lapangan Kerja

Menurut seorang peneliti bidang perekonomian, Airlangga Hartanto. Industri sawit berhasil menyerap tenaga kerja lebih dari 16 juta masyarakat Indonesia, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Maka dari itu lanjutnya, industri ini harus dikawal dan di dukung oleh seluruh komponen masyarakat.

Di tengah menyempitnya lapangan kerja, terutama di wilayah perkotaan yang mengharuskan syarat-syarat tertentu yang memberatkan sebagian orang. Industri sawit terkadang menjadi solusi bagi sebagian masyarakat yang ingin bekerja, namun tidak memiliki pendidikan yang tinggi.

Baca Lainya:  5 Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Yang Wajib Diketahui

Jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di industri sawit pun bermacam-macam, mulai dari persiapan lahan, penanaman tanaman kacang, kastrasi, pemupukan, pemanenan sampai dengan pruning atau penunasan.

  1. Mengentaskan Kemiskinan

Melalui industri kelapa sawit, kemiskinan sedikit banyaknya bisa terurai. Ini bisa terjadi karena faktor penyerapan tenaga kerja secara langsung di perkebunan ataupun karena para pemilik lahan yang menanam kelapa sawit sehingga memperoleh keuntungan.

Selama ini, kelapa sawit menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih oleh para pemilik lahan, selain juga industri lain seperti perkebunan dan juga penanaman tumbuhan-tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis lainnya.

Bagaimanapun, pengentasan kemiskinan harus menjadi sesuatu yang terus kita dukung. Karena semakin banyak kemiskinan, itu berefek negatif pada masyarakat, karena bagaimanapun kemiskinan biasanya menimbulkan kejahatan, seperti pencurian, penodongan dsb.

  1. Membuat Perputaran Ekonomi di Masyarakat

Industri pertanian kelapa sawit juga membuat roda perekonomian masyarakat berjalan. Hal ini dikarenakan effect yang ditimbulkan oleh para pekerja dan juga pemilik pertanian.

Baca Lainya:  Langkah Analisis SWOT untuk Bisnis Sawit

Mereka menjadi orang yang memiliki daya beli yang setidaknya mampu menggerakan ekonomi di pasar atau lingkungan sekitar.

Nah, demikian artikel singkat tentang manfaat kelapa sawit secara ekonomi, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para pembaca.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.