Cara membuat koneksi database pada dreamweaver cs6 dan php

Web design | kali ini jadiberkah akan mengulas tentang bagaimana cara membuat koneksi database pada dreamweaver cs6 khususnya dan script kode php,setelah kemarin mengulas tentang bagaimana cara memanage site maka sekarang lanjut pada cara koneksi databasenya,tidaklah sulit teman teman untuk menseting koneksi hanya butuh beberapa menit saja,yuk langsung aja simak ulasan tutorial berikut dibawah ini:

  1. jalankan aplikasi xampp pada komputer teman teman
  2. selanjutnya teman teman buka browser mozila atau yang lainya lalu ketikan http://localhost/phpmyadmin/
  3. selanjutnya teman teman buat database dan tabelnya dahulu seperti gambar di atas atau teman teman bisa simak pada artikel saya sebelumnya cara membuat database dan tabel pada phpmyadmin
  4. Selanjutnya buka aplikasi adobe dreamweaver cs6 teman teman buka file kerja baru dengan menggunakan ekstensi .php dengan cara klik file>pilih New>pilih ekstensi PHP
  5. pada lembar kerja baru lihat pada tab group sebelah kanan yang bertuliskan databases,bindings,server beharvior lalu teman teman klik pada tombol + databases>lalu klik Mysql Connection.
  6. lalu teman teman bisa isi kolom pada seting koneksi pada nama koneksi teman teman bisa memberi nama koneksi bebas terserah teman teman buat,pada kolom Mysql server ketikan localhost saja karena kita menggunakan server localhost,pada kolom username=ketikan root,dan pada kolom password kosongkan saja,Lalu teman teman klik select pada kolom database.
  7. lalu teman teman pilih nama database yang akan digunakan lalu klik OK.
  8. dan selanjutnya klik OK dan teman teman berhasil membuat koneksi database pada Dreamweaver dengan mudah.
Baca Lainya:  Membuat upload dan tampil gambar pada dreamweaver dan php dengan mudah

Script kode koneksi PHP

Teman teman bisa meng copy paste kode di bawah ini pada file koneksi yang teman teman buat:

“<?php

FileName=”Connection_php_mysql.htm”

Type=”MYSQL”

HTTP=”true”

$hostname_koneksi = “localhost”;
$database_koneksi = “test”;
$username_koneksi = “root”;
$password_koneksi = “password”;
$koneksi = mysql_pconnect($hostname_koneksi, $username_koneksi, $password_koneksi) or trigger_error(mysql_error(),E_USER_ERROR);
?>”

teman teman bisa memodifikasi dengan cara merubah nama database misal saya kasih contoh diatas nama database “TEST” rubah dengan nama database teman teman yang sudah dibuat lalu save.

Baca Lainya:  Cara membuat Log Out pada Dreamweaver

Mudah bukan cara membuatnya,Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan referensi cara membuat koneksi database pada Adobe Dreamweaver CS6 dan Dreamweaver versi lainya dan PHP coder,Bila teman teman masih kurang jelas bisa bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1 thought on “Cara membuat koneksi database pada dreamweaver cs6 dan php

  1. Punya saya gak bisa muncul database nya om, waktu di mysql connection
    Pesan error http error 404 file not found

    Padahal saya sudah buat database di phpmyadmin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.