Cara membuat input data PHP menggunakan Dreamweaver dengan mudah

Jadiberkah.com| Hai teman teman kali ini akan mengulas tentang tutotial cara membuat input data menggunakan Dreamweaver.

Input data merupakan suatu proses penginputan data kedalam form yang disimpan dalam sebuah database dan digunakan untuk keperluan informasi.

Dreamweaver CS6 adalah salah satu aplikasi yang memudahkan dalam pembuatan Website. Disini tidak harus mahir dalam pengkodean, karena sudah disediakan kemudahan-kemudahan dalam pemakaiannya. Baik dalam proses  input data, menampilkan data, menghapus data ataupun mengelola data dan ditampilkan kedalam bentuk website.
Baiklah,  tanpa panjang lebar, kita mulai tutorialnya.
Yang akan kita lakukan ialah membuat forminput  terhadap data yang kita sediakan. Untuk itu yang harus disiapkan ialah  menyediakan database dan mengatur site definition pada DW CS6-nya.
Kami harap 2 bagian tutorial diatas benar-benar dilakukan. Untuk nama databasenya beri nama “dbmahasiswa” dengan tabelnya “mhs” silahkan isi field-nya seperti “nim”,”nama”,”kelas”,”alamat”,dan “hp”. Demikian juga pada saat pengaturan site definition-nya. Pastikan alamat direktorinya seperti ini : C:\xampp\htdocs\latihan_web.

Baca Lainya:  Cara membuat halaman page dan menampilkan halaman pada index web dengan mudah

Jika sudah kita akan langsung dengan tutorial berikut ini.

Buat folder “latihan_web” pada C:\xampp\htdocs\latihan_web. Kemudian  jalankan Dreamweaver, XAMPP dan Browsernya terlebih dahulu.
1). Buat nama koneksi dengan cara berikut : pada panel Database > Klik tanda + > MySQL Connection. Isi formnya seperti gambar dibawah ini. Sebelum klik OK, Silahkan di Test terlebih dahulu. Jika Sukses, maka bisa dilanjutkan.

2). Buat file input_mhs.php. dan atur halamannya seperti ini :

3). Pada menu Insert, Klik Data Object > Insert Record > Record Insertion From Wizard.

4). Pada form Record Insertion, Atur seperti ini :

5). Setelah di klik OK, maka tampilannya seperti gambar berikut.

6). Buka tab baru pada Browser, Ketik localhost/latihan_web/input_mhs.php > Enter

7). Ketika tombol INPUT ditekan, maka otomatis  data tersebut telah tersimpan di database. Silahkan cek di PhpMyAdmin.

Silahkan mencoba bila masih bingung silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Baca Lainya:  Cara membuat akun Email Website pribadi

Semoga bermanfaat