Langkah-Langkah Membuat Power Point

langkah-langkah membuat power point

Jadiberkah.com – Salah satu program yang paling sering digunakan untuk membuat file presentasi adalah Microsoft Power Point. Ada banyak sekali fitur yang disajikan oleh program PPT ini yang membuat slide presentasi Anda semakin menarik dan berkenan bagi yang melihat. Sayangnya, langkah-langkah membuat power point masih banyak yang belum paham.

Lalu, cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk membuat Power Point? Berikut langkah-langkah membuat power point yang bisa Anda coba.

Langkah Awal Untuk Pembuatan Presentasi Power Point

Anda bisa langsung mempraktekkan cara membuat Power Point dibawah langkah demi langkah. Yuk, ikuti langkah-langkahnya dengan seksama, dengan begitu Anda bisa membuat file dengan format PPT menjadi lebih baik dan menarik. Diantaranya adalah :

Memilih Tema

Pada saat Anda membuka program PPT, maka anda akan melihat beberapa tema dan template bawaan. Tema merupakan desain slide yang mencakup huruf, efek khusus dan warna yang cocok seperti bayangan, refleksi dan lain sebagainya.

Untuk memilih Tema yang ada di PPT 2013, maka lakukanlah beberapa langkah seperti dibawah ini:

  • Di tab file, klik new
  • Pilihlah tema yang akan kamu gunakan berdasarkan kategori. Pada saat kamu mengklik di salah satu pilihan tersebut, PPT akan menyampaikan kepada kamu untuk meninjau tema dengan empat variasi warna yang bisa dipilih pada sisi kanan
  • Klik create guna memulai pembuatan presentasi
Baca Lainya:  Cara Menggabungkan Video TikTok dengan Mudah

Tambahkan Konten Text

  • Agar bisa menambahkan konten yang berbentuk teks ke slide presentasi Anda, maka di slide PPT kamu pilih kotak teks atau placeholder dan mulailah memasukan materi kamu. Anda pun dapat mengubah format huruf, ukuran huruf untuk teks dan jenis huruf di slide Anda.

Tambahkan Konten Gambar

  • Selanjutnya Anda dapat menambahkan kontak pada slide Power Point Anda dengan bentuk gambar, dan untuk memilih layout slide yang memiliki opsi Insert Picture. Selain itu Anda juga dapat menambahkan gambar pada menu insert. Kemudian klik insert picture dan pilih gambar yang Anda masukan pada slide presentasi Anda.
Baca Lainya:  5 Cara Membuat Power Point Menarik

Tambahkan Konten Bentuk (Shape), Grafik (Chart). SmartArt Grafik, Tabel, Video

  •  Anda juga dapat menambahkan konten slide Power Point dengan bentuk Shape, Grafik (Chart), Tabel, Video dan SmartArt dengan memilih Layout Slide yang mempunyai opsi tersebut. Selain itu Anda juga dapat menambahkannya melalui menu insert. Di menu insert nanti pilih Picture, SmartArt, Shape atau Chart dan masukan konten presentasi kalian.Tambahkan Efek Animasi
  • Di bagian menu Animations, klik kotak teks maupun placeholder yang akan Anda berikan animasi. Jangan lupa untuk menambahkan efek animasi di setiap slide Powerpoint Anda.
  • Di menu Transitions, Anda pun dapat menambahkan efek animasi pada setiap perpindahan halaman slide Power Point.

Masukan New Slide

  • Di menu Home, silahkan kalian klik pada bagian bawah New Slide dan memilih Layout Slide yang cocok untuk konten yang akan Anda masukan pada slide Anda.

Tinjau Tampilan Presentasi

  • Pada bagian menu Slide Show, di group Start Slide Show
  • Lanjutkan mengklik Form Beginning jika Anda hendak menampilkan presentasi PPT mulai dari Slide 1
  • Selanjutnya klik From Current Slide kalau Anda ingin meninjau presentasi PPT Anda pada posisi nomor slide Anda adanya.
Baca Lainya:  Begini 2 Tips Cara Membuat Google Form PDF dan Excel

Demikian ulasan informasi mengenai langkah-langkah membuat power point, semoga bermanfaat untuk Anda semua. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.