Amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan

Jadiberkah.com | Amalan yang di anjurkan selama bulan ramadhan, Asalamualaikum wr,WB teman teman saudara jadiberkah.com dimanapun anda berada semoga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT dan diberi kenikmatan kesehatan dan keberkahan untuk kita semua,amin amin ya robal alamin.

Sobat jadiberkah.com bulan Ramadhan telah tiba,kita wajib mengamalkan amalan amalan yang di anjurkan untuk menyempurnakan di bulan yang suci ini,
Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah dimana dibulan ramadhan pintu pintu surga dibuka dan begitu neraka semua di tutuo.bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan bulan 1000 kali lebih baik dari bulan.

Sobat jadiberkah Berikut ini merupakan amalan-amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan untuk sobat jadiberkah di amalakan:

Melakukan Puasa

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Allah SWT memerintahkan berpuasa di bulan Ramadhan sebagai salah satu rukun Islam.

Firman Allah SWT sebagai berikut:

Bunyinya begini “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 183).

Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: “Islam didirikan di atas lima perkara,yaitu diantaranya bersaksi bahwa tidak Ilah yang berhak disembah selain Allah SWT dan Muhammad SAW adalah rasul Allah SWT, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi ke Baitul Haram.” (Muttafaqun alaih).

Perlu diketahui Sobat jadiberkah.com Puasa di bulan Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang terdahulu apabila dilakukan dengan ikhlas berdasarkan iman dan taqwa  dan hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

Baca Lainya:  Hikmah puasa ramadhan bagi umat muslim

“Barangsiapa kalian yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya akan  diampuni dosa-dosanya telah lalu.” (Muttafaqun alaih).

Membaca ayat Alquran

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Membaca Alquran sangat dianjurkan bagi semua Muslim di setiap waktu dan kesempatan. Rasulullah SAW bersabda berikut:

“Bacalah ayat ayat Alquran, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, bagi siapa saja  yang membacanya, mempelajari dan mengamalkannya). (HR Muslim).

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Ddengan membaca Alquran lebih dianjurkan dibaca pada bulan Ramadhan, mengapa demikian karena pada bulan itulah diturunkannya Alquran ke bumi.

Rasulullah bersabda sebagai berikut “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan suci Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi semua umat manusia dan dari penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS al-Baqarah [2]: 185).

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Rasulullah SAW selalu memperbanyak bacaan Alquran di hari-hari Ramadhan yang penuh berkah, seperti diceritakan dalam hadis Aisyah RA, ia bersabda: “Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW membaca Alquran semuanya,melakukan shalat sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh, selain di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad).

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Dalam hadis Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan al-Bukhari, disebutkan bahwa Rasulullah SAW melakukan tadarus Alquran bersama Jibril AS di setiap bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Baca Lainya:  Kisah Perjanana Salah Satu Jamaah Haji di Mina

Mendirikan shalat Tarawih berjamaah

Perlu diketahui Sobat jadiberkah “Sesungguhnya baginda Rasulullah SAW keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau Rasulullah shalat di masjid, dan melakukan shalat dengan beberapa orang bersama beliau.

Menghidupkan Lailatul Qadar di malam hari

Perlu diketahui Sobat jadiberkah malam Lailatul qadar meruoakan malam malam yang sangat mulia yang lebih baik dari pada seribu bulan.malam kemuliaan biasanya terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, terlebih lagi malam ganjil, yaitu malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Perlu diketahui Sobat jadiberkah“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS al-Qadar [97]: 3).

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Malam itu merupakan malam pelebur dosa-dosa di masa lalu yang pernah kita lalui,
Perlu diketahui Sobat jadiberkah Yang dimaksud dengan menghidupkan lailatul qadar merupakan dengan dilakukan dengan memperbanyak shalat malam, membaca ayat ayat Alquran, zikir, berdoa, membaca shalawat, tasbih, istighfar, i’tikaf, dan lainnya. Aisyah RA berkata, ‘Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, jika aku mendapatkan lailatul qadar, maka apa yang aku ucapkan? Beliau menjawab, ‘Bacalah: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Yang suka mengampuni, ampunilah aku.”

Perbanyak sedekah

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Rasulullah adalah orang yang sangat pemurah, dan Rasulullah lebih pemurah lagi di bulan suci Ramadhan.   Perlu diketahui Sobat jadiberkah riwayat Ibnu Abbas RA, ia berkata sebagai berikut “baginda Rasulullah adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau jauh lebih pemurah lagi pada bulan saat Jibril AS menemui beliau, …” (HR Bukhari).

Baca Lainya:  Ada hikmah dibalik umur pendek semua umat Nabi Muhamad

Melakukan ibadah umrah

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan yang suci ini adalah melaksanakan ibadah umrah.Perlu diketahui Sobat jadiberkah Rasulullah SAW menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji. “Umrah di bulan Ramadhan sama dengan ibadah haji.”

Demikianlah adalah beberapa amalan amalan ibadah penting yang sangat dianjurkan untuk kita semua untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan yang suci ini dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga sobat jadiberkah dimanapun anda berada untuk mengamalkannya, dan mendapatkan kebaikan serta keberkahan bulan Ramadhan yang suci penuh keberkahan .

Perbanyak Itikaf

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Itikaf adalah berdiam diri atau menahan diri pada suatu tempat, tanpa memisahkan diri. Sedangkan dalam istilah syar’i, itikaf berarti berdiam di Masjid untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT dengan cara tertentu, sebagaimana telah diatur oleh syariat.

Perlu diketahui Sobat jadiberkah Itikaf adalah salah satu perbuatan yang dilakukan oleh  Rasulullah SAW,
Sumber referensi

Itu saja ulasan dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua,bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti dari inti makna yang kami sajikan mohon untuk diluruskan sebagai bahan koreksi perbaikan konten kami untuk menjadi lebih baik dan bermakna.
Demi kenyamanan bersama diharapkan untuk memberi masukan,saran dan komentar tidak meninggalkan etika,sopan santun demi kenyamanan bersama,terima kasih
Wasalamualaim,wb,wb

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.