Niat dan doa setelah sholat tahajud lengkap beserta artinya

Jadiberkah.com | Niat dan doa setelah sholat tahajud lengkap beserta artinya,Asalamualaikum,wr,WB teman teman saudara jadiberkah.com dimanapun anda berada semoga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT dan diberi kenikmatan kesehatan dan keberkahan untuk kita semua,amin amin ya robal alamin.

Sobat jadiberkah mungkin sering mendengar istilah sholat tahajud,tetapi sholat tahajud ini sangat jarang dilakukan oleh semua orang,banyak Fadilah keutamaan dari sholat tahajud yang sering dilakukan oleh Rasulullah.
Perlu diketahu sobat jadiberkah Sholat tahajud adalah adalah amalan sholat Sunnah yang paling sering dilakukan oleh rosullulah.

Tata cara sholat tahajud

Perlu diketahu sobat jadiberkah Tata Cara Shalat Tahajud sebagai berikut:
Sobat jadiberkah Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud dilakukan setelah ‘isya hingga menjelang shubuh dan dilakukan setelah tidur.sobat jadiberkah bisa lakukan pada waktu terbaik yaitu sepertiga malam diantara kira kira pada pukul 2 pagi hingga menjelang waktu subuh.

Rakaat Sholat Tahajud

Perlu diketahu sobat jadiberkah Sholat tahajud dilakukan minimal dikerjakan sebanyak dua rakaat, dan maksimalnya ada yang mengatakan 8 hingga sampai 12 rakaat.

Niat Sholat Tahajuf

sobat jadiberkah perlu diperhatikan Hal yang juga perlu diperhatikan dalam tata bagaimana cara melaksanakan sholat tahajud dengan benar adalah mengenai niatnya.
Berikut Lafadh niat sholat tahajud:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ Artinya:Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Perlu diketahu sobat jadiberkah bacaan niat dibacakan ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum dari membaca adalah sunnah, bukan wajib. Maka dari itu jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah.

Baca Lainya:  Doa sesudah belajar agar cepat paham dan hafal

Qashad niat

Perlu diketahu sobat jadiberkah Qashad niat merupakan ungkapan di dalam hati. saat itu juga kita meng-qashad untuk melaksanakan sholat.

Perlu diketahu sobat jadiberkah Saat kita takbiratul ihram sampil membaca اَللهُ اَكْبَرُ, saat itu juga sobatmembaca di dalam hati kita berniat “aku niat sholat tahajud 2 rakaat karena Allah ta’ala”.

Takbiratul Ihram

Perlu diketahu sobat jadiberkah bisa melakukan dengan disertai dengan niat di dalam hati.
Selanjutnya Membaca Alfatihah, Setelah sobat membaca doa iftitah dan alfatihah, sobat bacalah surat atau ayat tertentu.

Doa setelah sohlat tahajud

Perlu diketahu sobat jadiberkah setelah sobat melakukan sholat tahajud sebaiknya sobat untuk membaca doa sebagai berikut:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Baca Lainya:  Doa masuk dan keluar masjid beserta artinya

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”
Artinya:

Sebagai berikut“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).
Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.
Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.
Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca Lainya:  Doa ketika mendengar petir atau halilintar

Keutamaan sholat tahajud

– masuk surga

– Sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT

– penyembuh penyakit (hati dan fisik)

– mendapatkan kemuliaan

– Dirahmati oleh Allah SWT

– dikabulkan doa oleh Allah SWt

– Penghapus dosa dan penghalang berbuat salah

– Kesempatan menghirup udara yang bersih

– mendapat ketenangan

– Menyembuhkan berbagai penyakit

Itu saja ulasan dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua,bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti dari inti makna yang kami sajikan mohon untuk diluruskan sebagai bahan koreksi perbaikan konten kami untuk menjadi lebih baik dan bermakna.
Demi kenyamanan bersama diharapkan untuk memberi masukan,saran dan komentar tidak meninggalkan etika,sopan santun demi kenyamanan bersama,terima kasih
Wasalamualaim,wr,wb

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.