Kenali Segera Jenis Penyakit yang Tidak Boleh Di Vaksin Covid-19 Sebelum Mulai Suntik

jenis penyakit yang tidak boleh vaksin covid-19

Jadiberkah.com – Vaksin merupakan salah satu usaha untuk mencegah penularan Covid 19. Apalagi sejak muncul Covid-19 varian Delta. Varian baru yang penularannya sangat cepat dan ganas. Namun, tahukah bahwa ada beberapa jenis penyakit yang tidak boleh di vaksin Covid-19. Oleh sebab itu, sebelum memulai vaksin silakan terlebih dahulu memeriksa diri sendiri demi kesehatan untuk masa depan.

Tidak jauh berbeda dengan jenis vaksin yang biasa dipakai untuk menyuntik vaksin pada bayi, seperti vaksin polio, hepatitis, pnumokokus, dsb. Pemberian diberikan sudah pasti dilakukan dengan maksud yang sudah dipahami. Pemerintah juga tidak akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat kalau memang pandemic yang ada saat ini tidak berbahaya.

Ketahui Jenis Penyakit yang Tidak Boleh di Vaksin Covid-19

Program vaksinasi sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia secara bertahap. Bahkan vaksin yang ke dua juga sudah dilakukan. Saat ini, golongan tenaga kesehatan dan petugas publik yang masih diutamakan. Setelah itu, akan berlanjut ke masyarakat luas. Meski demikian, tidak semua orang bisa menerima pemberian vaksin tersebut. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis penyakit yang tidak boleh di vaksin Covid-19.  Karena imun setiap orang tidak boleh disamaratakan begitu saja.

Baca Lainya:  Ini Dia 3 Alat Tambal Ban Yang Perlu Anda Miliki Sendiri di Rumah

Jenis Penyakit atau Kondisi Yang Tidak Disarankan Vaksin

Nah berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang tidak disarankan untuk melakukan suntik vaksin, diantaranya adalah :

  1. Orang yang memiliki riwayat penyakit Hipertensi atau darah tinggi. Batas untuk penyakit ini adalah 140/90. Sedangkan apabila sudah berada di atasnya tidak diperbolehkan.
  2. Ibu hamil dan menyusui, alasannya adalah takut berpengaruh pada bayi. Tapi, kini pemberian vaksin sudah bisa diberikan kepada ibu menyusui. Dan yang jelas pemberian vaksin pada ibu menyusui sebelumnya sudah dilakukan penelitian, agar tidak ada efek yang buruk baik pada bayi atau ibunya itu sendiri.
  3. Pernah terpapar virus Covid-19 sebelumnya. Karena mereka sudah pernah melakukan pengobatan saat sudah dinyatakan positif, selain itu juga untuk menjaga daya tahan tubuh pasien agar tetap stabil.
  4. Memiliki usia di bawah 18 tahun. Namun, pemerintah sekarang mulai menjalankan program vaksin khusus anak-anak minimal usia 12 tahun.
  5. Mempunyai penyakit ISPA. Misalnya Asma, batuk, pilek, dan lain sebagainya.
  6. Memiliki anggota keluarga yang terkontaminasi virus Covid-19 yang sedang dalam perawatan. Anggota keluarga tersebut yang terkait erat atau keluarga yang satu rumah.
  7. Mempunyai riwayat alergi berat. Seperti sesak napas, bengkak, atau mengalami kemerahan setelah melakukan vaksinasi. Ini dilakukan ketika alan melakikan vaksinasi yang ke dua.
  8. Memiliki riwayat penyakit jantung. Misalnya gagal jantung dan jantung koroner.
  9. Orang yang memiliki riwayat penyakit dengan imun.
Baca Lainya:  Apakah Vaksin Covid-19 Itu Dipastikan Aman?

 

Demikianlah beberapa jenis penyakit atau keadaan tertentu yang harus dikondisikan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi. Setiap yang menginginkan suntikan vaksin Covid 19. Segera ketahui beberapa jenis penyakit yang tidak boleh divaksin Covid 19. Apalagi yang memiliki suhu tubuh yang tinggi. Maka pelaksanaan vaksin harus ditunda terlebih dahulu sampai suhu tubuh mulai normal. Pemerintah juga sudah mulai memberikan pengetahuan tersebut, sehingga masyarakat harus mulai memperhatikan riwayat penyakit yang dimiliki.

Baca Lainya:  Trik Agar Lulus Psikotes Gambar Orang

Semoga informasi di atas bisa membantu dan bisa menjadi referensi yang tepat, tidak hanya untuk Anda pribadi tapi juga untuk orang-orang disekitar Anda. Yuk vaksin, dan lindungi keluarga dari pandemic ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.