5 Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja

 Jadiberkah.comSaat Anda melamar pekerjaan tentu harus mencari tahu materinya agar tahu cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja. Dengan begitu, Anda akan punya bayangan jawabannya.

Pengalaman kerja memang sangat diperlukan untuk menunjang kinerja Anda. Biasanya, orang punya pengalaman kerja berkesempatan besar diterima sebagai karyawan. Namun bagi Anda yang belum punya pengalaman jangan berkecil hati karena ada beberapa tips yang bisa dipelajari. 

Tips Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja

Bekerja sudah menjadi salah satu kegiatan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Dengan bekerja secara tidak langsung bisa menaikkan harga diri seseorang, rasa percaya diri semakin meningkat bila Anda berhasil masuk ke perusahaan yang bonafit.

Oleh sebab itu jangan heran kalau sejak dulu banyak orang yang baru lulus sekolah langsung memilih kerja. Orang yang baru lulus sekolah atau kuliah biasa dikenal atau disebut dengan sebutan fresh graduate.

Bila Anda masih fresh graduate, maka harus mencari perusahaan yang memprioritaskan calon pekerja baru lulus sekolah. Utamakan jangan melihat fee yang ditawarkan, tapi kerja sebagai pengalaman.

Baca Lainya:  5 Tips Jitu Lowongan Kerja Pasti Diterima

Meskipun belum punya pengalaman kerja, tetapi Anda punya peluang besar untuk diterima sebagai karyawan. Untuk itu, Anda harus mempelajari tips berikut ini agar bisa lolos dalam interview :

Menjelaskan Skill yang Anda Miliki 

Untuk mengejar pekerjaan impian biasanya Anda punya skill yang akan mendukung tercapainya cita-cita tersebut. Dari sana, Anda bisa menceritakan keahlian yang berhubungan dengan posisi pekerjaan. Misalnya, jika melamar sebagai IT Develover maka jelaskan bahwa Anda punya skill dalam membuat aplikasi.

 

Menjelaskan Pengalaman Magang 

Magang merupakan suatu pengalaman kerja yang sangat berharga. Anda dapat menjelaskan pengalaman kerja selama magang atau PKL. Pengalaman ini akan memengaruhi hasil interview Anda. 

 

Baca Lainya:  Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMK untuk Lamaran Kerja

Menjelaskan Pengalaman Berorganisasi 

Tips cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja selanjutnya adalah menjelaskan pengalaman berorganisasi. Pada umumnya, perusahaan akan menyukai fresh graduate dengan memiliki pengalaman berorganisasi. Hal ini menandakan bahwa Anda dapat bekerja sama bersama team dengan baik.

 

Tunjukan Punya Motivasi Besar untuk Belajar 

Meskipun Anda belum punya pengalam kerja yang menunjang posisi tersebut, tetapi tunjukan bahwa Anda punya motivasi besar untuk belajar. Kadang-kadang tidak semua perusahaan mencari orang yang sudah ahli, tetapi ada kalanya mencari orang yang mau dibentuk. 

 

Jaga Kepribadian 

Anda juga harus menjaga kepribadian dengan menunjukan sopan santun yang baik. Selain itu, Anda juga harus rendah hati dan menunjukan rasa percaya diri yang baik. Semua ini sangat penting untuk bersosialisasi dalam perusahaan dan di luar perusahaan. 

Seandainya, Anda belum punya pengalaman kerja karena masih fresh graduate maka jangan khawatir. Anda dapat memanfaatkan cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja sehingga berpeluang besar untuk lolos seleksi.  

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.