Cara Menghapus Kelas di Google Classroom, Perhatikan Hal Ini!

Cara menghapus kelas di Google Classroom

Jadiberkah.com Sistem pembelajaran selama pandemi ini tentu membuat banyak sekali kelas online. Sehingga, terkadang membuat tenaga pendidik sedikit kewalahan untuk mengkoordinasinya. Namun, dengan cara menghapus kelas di Google Classroom, Anda tak perlu risau lagi.

Cara menghapus kelas di Google Classroom bisa jadi andalan ketika Anda ingin mengelola kelas-kelas yang telah Anda buat. Misalkan saja menghindarkan Anda dari kekeliruan hingga kesalahpahaman.

Berikut ulasan terkait beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum men-delete kelas di Google Classroom. 

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom, 3 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelumnya

Cara menghapus kelas di Google Classroom

Sebelum membahas cara menghapus kelas di google classroom, guru perlu melakukan beberapa hal sebelumnya yaitu:

Menjadwal penghapusan

Penghapusan sebaiknya dimasukkan ke dalam jadwal kegiatan sekolah agar tidak membuat panik murid dan wali murid.

Kebutuhan menghapus bagi guru juga agar menjadi pertanda bahwa kegiatan belajar mengajar daring sudah usai. Kemudian agar kelas juga tidak disalahgunakan untuk melakukan hal lain selain kegiatan pembelajaran mata pelajaran tertentu.

Penjadwalan penghapusan kelas bisa dilakukan per semester atau per tahun ajaran. Penghapusan juga sebaiknya dilakukan secara serentak bersamaan dengan guru mata pelajaran/kelas lain agar tidak terjadi kesimpangsiuran.

Baca Lainya:  Cara FYP Tiktok yang Baik dan Benar

Menjadwal pengarsipan sebelum penghapusan

Pengarsipan dilakukan agar materi masih tersimpan rapi dan tidak terlihat lagi di halaman kelas. Tujuannya agar jelas lebih ringkas.

Akses pengarsipan bisa dilakukan oleh guru dan siswa. Tetapi jika sudah diarsipkan maka siswa tidak bisa lagi mengelola kelas yang diikuti

Hasil pengarsipan akan tersimpan di google Drive yang bisa digunakan untuk memulihkan kelas selama kelas belum dihapus. Jika ingin menggunakan kelas lama sebagai acuan bagi kelas baru, arsip tersebut bisa disalin ke kelas baru.

Cara mengarsipkan kelas

Buka Classroom dan lihat kartu kelas lalu pilih Arsipkan (Archive). Kemudian klik lagi Arsipkan (Archive) sebagai konfirmasi.

Cara melihat kelas yang diarsipkan

Buka Classroom lalu ke sebelah kiri untuk membuka menu. Gulirkan ke bawah kemudian pilih Kelas Yang Diarsipkan. Kemudian klik kartu kelas milik kelas tersebut.

Menyalin kelas

Salinlah hanya item-item tertentu saja. Sementara postingan ke forum kelas sebelumnya tidak perlu disalin. Item yang perlu disalin misalnya, judul, bagian, deskripsi, mata pelajaran, topik, postingan tugas jelas (draf saja), dan sistem penilaian.

Baca Lainya:  Video Detik Detik Terjadinya Ganasnya Ombak Pantai selatan Meruntuhkan Bangunan

Item yang tak perlu disalin yaitu pengumuman dari guru, tuga kelas yang sudah dihapus, siswa dan rekan guru, postingan siswa, lampiran milik selain pengajar, dan file Google sites.

Cara Menghapus Kelas

Opsi hapus kelas tidak akan muncul sebelum kelas diarsipkan. Oleh karena itu kelas harus diarsipkan dahulu sebelum dihapus.

Cara mengarsipkan dan menghapus kelas yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

  • Buka Classroom lalu ke kiri atas untuk mengklik ikon tiga baris. Lalu pilih Class atau Kelas.
  • Akan muncul daftar tampilan kelas yang pernah dibuat. Pilih kelas yang akan diarsipkan dengan ke kanan dan mengklik ikon tiga baris.
  • Selanjutnya akan muncul tiga pilihan yaitu, Copy, Edit, dan Archive. Klik Archive atau arsip.
  • Langkah selanjutnya untuk menghapus, yaitu ke sebelah kiri atas dan mengklik ikon tiga baris, kemudian pilih Archived Classes atau Arsip Kelas.
  • Selanjutnya ke kanan atas dan pilih ikon tiga baris. Akan tersedia tiga menu yaitu Copy, Restore, dan Delete. Pilihlah Delete, dan klik Delete lagi sebagai konfirmasi.
Baca Lainya:  Tes Psikotes Online, Cari Tahu Kelebihan Contoh Tes Psikotes Online

Cara menghapus kelas di Google Classroom sangat mudah dan cepat dan tidak bisa dipulihkan kembali. Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat yah!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.