Skip to Content

Tips berkendara macet di tanjakan dan turunan

Tips berkendara macet di tanjakan dan turunan

Be First!
by Juni 21, 2018 otomotif

Otomotif | Berkendara pada jalan yang berkelok nanjak dan menurun memang harus mempunyai skil keahlian yang lebih bisa dibilang sudah mahir dalam mengemudikan kendaraan,bila tidak bisa berakibat fatal baik segi keamanan pengemudi dan penumpang  atau kendaraan itu sendiri.

Berkendara nanjak namun lanncar

Teman teman cukup dengan gigi 1 saja bila pada mobil dengan transmisi Manual dan D1 pada kendaraan bertransmisi matic atau otomatis,dengan menginjak pedal gas tidak lebih dari pada RPM 3.000 tanpa harus memainkan pedal kopling,untuk jalan yang nanjak tidak terlalu tinggi bisa disesuaikan bisa menaikan gigi 2 atau D2 sesuai dengan kebutuhan.

Berkendara Nanjak dan jalan macet

Bila berkendara jalan macet dan nanjak yang cukup tinggi apalagi dengan muatan penuh memang cukup menegangkan karena cukup beresiko bila kita masih kurang mahir dalam mengemudi dan kesehatan kendaraan maka akan bisa berakibat fatal bagi pengemudi dan kendaraan.bagaimana tips nya simak tips dibawah ini:

  1. Jangan lupa untuk berdoa agar kita diberi lindungan dari tuhan dan tarik napas untuk mendapatkan ketenangan.
  2. Jangan panik tapi santai saja biar bisa konsentrasi.
  3. Atur jarak jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depanya.
  4. Pastikan Hand break atau rem tangan dalam keadaan normal berfungsi dengan baik.
  5. Bila kita sudah posisi macet ditanjakan,tarik pedal hand break atau rem tangan sampai benar benar kendaraan berhenti ditanjakan.
  6. Tunggu kendaraan di depanya maju perlahan dan jangan buru buru untuk menjalankan kendaraan sebelum kendaraan di depanya maju minimal 10 meter di depanya.
  7. Setelah kendaraan di depanya maju kurang lebih 10 meter teman teman bisa siap siap menjalankan secara perlahan dengan cara melepas kopling secara perlahan sampai kendaraan bergetar seakan kendaraan suadah bergerak bergetar mau jalan jalalu injak gas secara perlahan di imbangi melepas hand break atau rem tangan.
  8. Lalu lepas pedal kopling secara perlahan sampai lepas secara penuh(ingat jangan terlalu lama memainkan setengah kopling)
  9. Setengh kopling digunakan hanya pada saat pertama kendaraan akan melaju
  10. Maka kendaraan insaalloh kendaraan tidak akan mundur dan akan maju secara perlahan.
  11. Dan berhenti saat mendekati kendaraan di depanya bila keadaan macet kembali dengan cara berhenti seperti biasa menginjak pedal kopling secara penuh dan rem kaki sampai kendaraan berhenti lalu Netralin perseneling dan dilanjut menarik tuas Hand Break atau Rem tangan sampai kendaraan berhenti stag tidak mundur.
  12. Ulangi langkah 7 sampai 10 sampi melewati tanjakan selesai.
Baca Lainya:  Kupas tuntas cara nengatasi masalah Power steering pada mobil Timor

Jalan menurun lancar

Bila teman teman melewati jalan menurun terjal namun lancar tidak macet bukan berarti jalan bebas hambatan namun keadaan seperti ini juga bisa menjadi bahaya akan keselamatan pengemudi.

Bahaya yang kemungkinan terjadi pada berkendara adalah lepas kendali karena mobil melaju dengan kencang yang sulit untuk dikendalikan.

Tips:

Turunkan atau masukan gigi 1 untuk membantu proses pengereman ini yang disebut engine break,sehingga pengereman bisa lebih maksimal tidak hanya mengandalkan kampas rem saja yang mudah habis.

Baca Lainya:  Tips aman berkendara pada malam hari

Jalan menurun macet

Bila keadaan jalan menurun dan macet teman teman menggunakan gigi 1 saja untuk membantu proses pengereman engine break kombinasi dengan rem kaki.bila keadaan macet maka berhentilah dan tarik pedal hand break atau rem tangan sampai kendaraan tidak bergerak atau berhenti stag.

Bila kendaraan mulai berjalan merayap masukan gigi 1 untuk membantu menahan laju kendaraan agar berjalan lambat,lalu lepas hand break atau rem tangan dan di imbangi dengan menginjak rem kaki.ulangi langkah tersebut sampai keadaan jalan normal.

Baca Lainya:  Starter lancar mesin susah hidup saat mesin panas dan parkir perjalanan jauh

Semoga bermanfaat,bila teman teman masih kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Baca Lainya

Faktor yang mempengaruhi harga motor bekas Jadiberkah.com | Faktor yang mempengaruhi harga motor bekas,Motor bekas atau motor 2nd (motor seken orang menyebutnya) adalah salah satu peluang usaha...
Cara mencopot pompa bensin pada mobil Timor Otomotif | Teman teman jadiberkah.com kali ini akan mengulas bagaimana cara mencopot atau membongkar fuel pump atau pompa bensin pada mobil Timor,mung...
Cara mengatasi susah saat memasukan gigi pada mobi... Otomotif | Mungkin teman teman ada yang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara mengatasi saat memasukan gigi pada mobil khusunya pada mobil m...
Previous
Next

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.