Skip to Content

Cek kendaran sebelum mudik

Cek kendaran sebelum mudik

Be First!
by Mei 25, 2018 otomotif

Otomotif | Mungkin sebagian besar teman teman jadiberkah sedang menanti libur panjang lebaran tiba yaitu mudik ke kampung halaman,Perjalanan mudik itu adalah sebuah perjuangan karena apa..?dalam perjalanan ini kali ini berbeda dari hari biasanya apalagi mudik ke luar propinsi bahkan pulau itu sungguh memkan waktu perjalanan yang cukup lama,dan pada saat libur lebaran pun berbeda keadaan lalulintas di jalan biasanya sepi lengang kali ini padat merayap bahkan macet total tidak bergerak,biasanya misal perjanan misal dari karawang ke kebumen membutuhkan waktu hanya 8-9 jam tetapi bila saat mudik lebaran keadaan jalan macet bisa 20-25 jam.itu yang harus disiapkan untuk mengantisipasi keadaan yang tak terduga ini,jadi tidak hanya persiapan mental dan fisik pengemudi saja tetapi harus siap kendaraan untuk perjalanan jauh,lalu apa saja sih yang harus disiapkan dalam perjalanani ini,simak ulasan berikut ini:

Cek kendaraan

  1. Service kendaraan teman teman,cek performa mesin dalam keadaan laik jalan.
  2. perhatikan spare part yang memang sepantasnya minta untuk diganti karena rusak atau kurang baik jangan untuk di paksakan.
  3. Cek lampu atau penerangan baik lampu utama,lampu rem dan lampu kota dalam keadaan normal.
  4. cek roda pastikan roda masih dalam keadaan tidak gundul.
  5. cek tekanan angin,kelihatanya sepele tapi bila tekanan angin kurang atau terlalu keras juga akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.
  6. cek baut roda,jangan sampai baut roda ada yang kurang kencang karena sangat membahayakan dalam kecepatan tinggi di jalan tol maupun jalan raya.
  7. cek pengereman apakah kampas rem masih layak untuk di pakai..?atau selip bisa di ganti saja.
  8. cek minyak REM dan minyak power stering dalam keadaan penuh batas normal
  9. cek air colant pada radiator dan tangki cadangan dalam keadaan penuh dalam batas normal.
  10. Cek kipas radiator benar benar berfungsi dengan baik,berputar normal dan Automatis bekerja pada suhu tertentu,hal ini sangat penting karena bila tidak terkontrol dan kipas ternyata tidak berpungsi dengan baik bisa berakibat fatal yaitu kendaraan mogok karena overheat (panas berlebihan).
Baca Lainya:  Mengatasi dan penyebab Starter mobil panjang tapi mesin tidak mau hidup atau nyala

Perlengkapan Pendukung

  1. Selalu bawa Tambang derek,murah kok harga kisaran 50 ribu saja,tambang derek ini berfungsi bila terjadi hal hal yang tidak di inginkan misal kendaraan mogok bisa minta tolong ke teman atau kendaraan lain untuk menariknya.
  2. Kabel jemper,kabel jemper aki ini berfungsi bila pengisian aki bermasalah jadi misal pada saat parkir di rest area mau jalan eh ternyata starter tidak kuat,maka kita bisa minta tolong ke mobil orang lain untuk men jumper beberapa menit saja untuk menghidupkan mesin.
  3. Tri Angel,Tri Angel ini berfingsi sebagai penanda bahwa ada mobil berhenti di depanya jadi tidak membahayakan mobil tertambrak dari belakang atau depan.
  4. Bawa kunci kunci perlengkapan seperti kunci pas/ring ,obeng, dan lain lain.
  5. Bawa Ban serep,terkadang saya menyimak di group tuh aneh apa saking lupanya bawa mobilĀ  ban bocor atau meletus dijalan tapi tidak bawa ban serep,kan gak lucu kawan..?gak apalah bila seorang diri atau bersama kawan main,lah bila sedang perjalanan sama anak istri,orang tua,mertua gimana…?
  6. Bawa kunci roda,ini juga terbilang lucu dan aneh dalam perjalanan saya kadang menyimak di group komunitas,mogok karena ban bocor bawa ban serep tapi tidak bawa kunci roda,kan gak lucu yo ko aneh aneh wae yo…?
  7. Bawa dongkrak dan sama tongkat atau tuas dongkranya,ini juga aneh juga tapi ada aja yang ngalamin hal yang lucu haha ,sudah bawa ban serep bawa kunci roda tapi tidak bawa Dongkrak,terus mau nyopot roda gimana caranya ..?mau di angkat tuh mobil minta tolong orang orang..?
Baca Lainya:  Cara mengatasi kopling mobil Timor keras dan ngelos saat macet

hehehe itu hanya sekedar Just kiding (becanda saja bukan mengolok olok jangan di ambil hati ya itu sebagai pengingat saja agar kita bisa mempersiapkan sebelum mudik perjalanan jauh diberi kelancaran dan keselamatan dalam berkendara,tetap utamakan keselamatan dalam berkendara.semoga bermanfaat dan bila teman teman kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Baca Lainya:  Tampilan interior Wuling Confero S yang nyaman
Previous
Next

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.