Cara Menggunakan Rumus Excel Sum

Rumus Excel SUM

Jadiberkah.com – Salah satu aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excel. Bukan hanya dari kalangan pekerja saja yang menggunakan aplikasi ini, tetapi juga dari kalangan pelajar dan akademisi. Ada satu fitur yang menarik pengguna yaitu rumus menjumlahkan data di Ms. Excel yang biasa disebut rumus Excel SUM. 

Bagaimana cara menggunakannya? Mari simak penjelasan tentang Rumus Excel SUM di bawah, supaya Anda bisa langsung mempraktikkannya.

Apa Kegunaan SUM di dalam Excel?

Alangkah baiknya sebelum membahas lebih lanjut perihal rumus SUM dalam Microsoft Excel, mengetahui dulu apa sebenarnya makna dan fungsi dari SUM itu sendiri. 

Rumus SUM adalah salah sebuah rumus excel yang biasa digunakan dalam melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka  yang sudah Anda tentukan sebagai bahan argumen. Dengan kata lain fungsi SUM di Excel sendiri adalah guna menjumlahkan data atau angka yang ada di beberapa sel maupun range yang ditemukan. Sedangkan untuk menghitung jumlah di excel menggunakan rumus SUM bisa saja berbentuk referensi, sel, array, range, rumus, konstanta atau hasil dari rumus lain.

Rumus ini pun menjadi salah satu rumus excel yang banyak diketahui dan digunakan bagi sebagian besar pengguna Microsoft Excel. Lantas seperti apa cara untuk menggunakan rumus SUM di Excel agar dapat menjumlahkan angka yang akan kita tentukan?

Cara Tepat Menggunakan Rumus Excel SUM

Keterangan Sintaksis rumus SUM Excel

  • SUM: Merupakan sebuah nama rumus excel guna menjumlahkan di Microsoft Excel
  • Angka 1: Merupakan argument angka pertama yang akan kita jumlahkan
  • Angka 2: Optional argument angka lain yang hendak kita tambahkan. Maksimalnya hingga 225 argumen

Contoh Rumus SUM Excel

Rumus SUM untuk semua kolom

  •  Pertama kalian bisa ketik rumus SUM di Cell D2 seperti ini : =SUM (
  • Kedua coba arahkan tanda panah ke header kolom A hingga tanda panah kebawah. Dan klik. Kalau sudah benar, maka rumus SUM akan berubah menjadi =SUM(A:A
  • Ketiga, ketik tanda tutup kurung) sebagai penutup rumus SUM. Selanjutnya tekan enter dan hasilnya akan keluar
  • Singkatnya begini: Tulis rumus =SUM (A:A) dan artinya hitung jumlah dari semua kolom A

Rumus SUM 1 Range

Baca Lainya:  10 Masalah Pada Komputer dan Solusinya

Sebagai salah sebuah contoh, kalian bisa lihat Sheet SUM Range di file excel online sebelumnya. Dan kesempatan baik ini kamu akan menjumlahkan nilai yang ada di range A1: A10 harap perhatikan tapahnya:

  • Pertama kalian ketik Rumus SUM di Cell D2 seperti ini = SUM
  • Ke dua, lanjutkan dengan bok data yang hendak Anda hitung jumlahnya tersebut. Disini sebagai contohnya kita bisa memblok range data A1:A10. Kalau benar maka rumus SUM akan menjadi =SUM A1:A10
  • Ketiga, ketik juga tanda tutup kurung ) cara ini berperan guna menutup rumus SUM. Lalu tekan enter dan hasilnya akan muncul.

Dengan ini Anda dapat melihat kalau excel akan menghitung jumlah keseluruhan angka. Dengan ini, Anda juga bisa bedakan mana yang lebih baik dibandingkan Anda mengetik rumus penjumlahan manual atau cara ini. Karena pada dasarnya dengan menggunakan Rumus SUM pasti akan lebih efektif dan efisien.

Demikian pembahasan pada kali ini, semoga ulasan mengenai rumus Excel SUM yang telah kami jabarkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kalian semua.  

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.