Apa Saja Pekerjaan Para TKI dan TKW Di Luar Negeri

Jadiberkah.com – Apa Saja Pekerjaan Para Tki Dan Tkw Di Luar Negeri ,Minimnya lapangan pekerjaan di dalam negeri dan banyaknya tawaran pekerjaan di luar negeri menjadi salah satu alasan mengapa keberadaan TKW sangat dibutuhkan. Selain itu, seorang TKW lebih fleksibel dalam mendapatkan pekerjaan karena banyak bidang yang bisa ditekuni. Misalnya sebagai asisten rumah tangga, baby sitter, atau pengasuh orang tua. Bahkan di Malaysia, banyak TKW yang dibutuhkan sebagai pelayan restoran dan tenaga penjual dengan gaji tinggi.

Apa Itu TKI dan TKW?

Pekerjaan TKI dan TKW memiliki perbedaan, lantas apa itu TKI? TKI adalah singkatan dari Pekerja Migran Indonesia. Gelar TKI diberikan kepada mereka yang warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu dan mendapatkan upah sesuai dengan kontrak kerja. Menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, pekerjaan sebagai TKI ini sekarang disebut sebagai Tenaga Kerja Indonesia (PMI).

Berbicara tentang apa itu TKI, sebenarnya masih banyak istilah lain yang juga terkait dengan sebutan TKI. Misalnya TKW atau tenaga kerja perempuan, yang merupakan sebutan bagi perempuan warga negara Indonesia yang akan bekerja di luar negeri. Selain PMI, TKI juga sering disebut sebagai BMI atau Tenaga Kerja Indonesia. Wow, ada banyak nama untuk TKI ini.

Apa Pekerjaan TKI dan TKW?

Sebelumnya disebutkan juga bahwa TKI sering dicap sebagai pekerja tidak terampil atau rendahan karena mayoritas didominasi oleh profesi ART. Namun ternyata pekerjaan TKI tidak hanya sebatas profesi ART tetapi juga buruh pabrik, buruh perkebunan, perawat, jasa restoran, operator, petani, awak kapal dan lain-lain. Bagaimana, tertarik menjadi TKI?

Di luar negeri, pekerjaan TKW meliputi sektor bisnis, industri dan rumah tangga. Di bidang usaha, TKW biasanya bekerja di sektor perkantoran. Sedangkan di sektor industri, biasanya TKW menempati posisi sebagai buruh pabrik. Untuk kebutuhan rumah tangga, TKW biasanya diarahkan sebagai ART atau pembantu rumah tangga, serta pengasuh lansia atau balita.

Mengunjungi asosiasi pekerja migran di luar negeri atau menambah pengetahuan Anda tentang undang-undang ketenagakerjaan di luar negeri.

 

Baca Lainya:  4 Tips Sukses Usaha Pecel Lele Untuk Pemula
Latest posts by Melia Kusumawati (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.