Skip to Content

Benarkah Air AC lebih baik dari Coolant untuk Radiator

Benarkah Air AC lebih baik dari Coolant untuk Radiator

Be First!
by Juli 7, 2018 otomotif

Otomotif | Mungkin teman teman sering mendengar dari orang orang kalo air AC lebih baik daripada air collant,untuk sebagian orang yang memounyai AC dirumah mendengar informasi seperti ini pastikan berfikir “apkah bener air ac lebih baik dari collant..?”banyak orang orang sebagian orang menggantinya air Collant mobil kesayanganya dengan air AC.

  1. Air AC

AC menghasilkan air yang merupakan hasil kondensasi atau pengembunan udara dari lingkungan sekitar sehingga mengandung sedikit mineral dan memiliki suhu rendah. Karakteristik air murni dapat diketahui dengan pengukuran konduktivitas. Suatu air dapat dikatakan air bebas mineral apabila batas maksimal konduktivitasnya 5 μS .Nilai konduktivitas yang rendah menunjukkan bahwa air AC merupakan air yang bebas kandungan ion sehingga tidak mengantarkan arus listrik dan air AC ini dapat dikatakan air murni atau air bebas mineral.

Tetapi menurut saya Air AC hanya lebih bagus dari air ledeng atau air mineral tidak lebih baik dari air Coolant yang sudah dibuat oleh sebuah perusahaan,saya yakin pembuatan air coolant tidak asal buat dan dengan langkah langkah dan penelitain penelitain yang mendalam dan diuji akan kemampuan air coolant terbukti selain mendinginkan mesin agar tetap stabil dan coolant sudah dilakukan uji untuk mencegah diantaranya:

  1. Bebas dari kandungan mineral yang dapat menyebabkan terjadinya korosi atau karat.
  2. Tidak akan menimbulkan korosi atau keropos pada bagian saluran sistem pendingin yang terbuat dari bahan logam sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran air pendingin.
  3. Memiliki tingkat kekentalan tertentu yang akan sangat membantu mempercepat proses pendinginan.
  4. Air radiator coolant memiliki tingkat titik didik yang lebih tinggi dibandingkan dengan air mineral biasa sehingga air radiator coolant tidak mudah menguap.
  5. Radiator coolant tidak akan membeku pada temperatur yang dingin sehingga sistem pendinginan tidak akan terganggu saat kondisi dingin misalnya pada negara-negara yang memiliki 4 iklim, radiator coolant tidak akan membeku pada saat iklim dingin.
Baca Lainya:  Cara mengatasi susah saat memasukan gigi pada mobil

Menurut kami tetap air coolant itu jauh lebih baik daripada air AC,lebih baik teman teman jangan ambil resiko dengan Rp.30 ribu sudah dapat coolant daripada menggunakan air AC yangpenuh dengan resiko dan resiko yang terbesar adalah mobil kesayangan teman teman terjadi overheat yang membutuhkan biaya yang sangat besar untuk perbaikan mesin.

Baca Lainya:  Cara mencopot pompa bensin pada mobil Timor

Mungkin bila teman teman memaksakan menggunakan air AC untuk radiator tidak begitu masalah bila kendaraan teman teman tiap hari digunakan atau beroperasi sehingga menurut saya air AC yang ada di dalam radiator dan water jaket pada mesin akan selalu bersirkulasi dan teman teman bisa secara rutin 6 bulan atau mungkin sampai 1 tahun bisa rutin dikuras untuk menghindari dan meminimalis terjadinya penyumbatan karena endapan lumpur yang akan mengakibatkan menyumbat pada radiator maupun termostat yang akan mengganggu kinerja pendinginan tidak maksimal.

  1. seperti air AC yang ada di dalam radiator tidak bersirkulasi atau tersumbat sehingga proses pendinginan gagal dilakukan dan akan terjadi overheat
  2. mempengaruhi kinerja termostat yang seharusnya membuka dan menutup secara otomatis dan normal dengan suhu yang ditentukan bisa mengakibatkan termostat telat membuka atau tersumbat dan bisa sehingga terjadi overheat.
  3. sensor WTS bermasalah karena ujung kuningan sensor yang sebagi identifikasi suhu mesin tidak bekerja dengan baik karena endapan lumpur dan proses pengiriman sinyal suhu tertentu untuk menghidupkan kipas radiator untuk mendinginkan air radiator tidak dilakukan pada semestinya sehingga bisa mengakibatkan overheat.
Baca Lainya:  Mengatasi permasalahan karburator timor SOHC

Mungkin teman teman bisa memilih mana yang terbaik untuk merawat mobil kesayangan teman teman ,semoga bermanfaat dan mobil kesayangan tetap dalam keadaan like jalan dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara.

Baca Lainya

Benarkah Mobil Tua Tidak Cocok Menggunakan Coolant Otomotif | Banyak yang bilang kalo mobil tua itu tidak cocok menggunakan air coolant untuk radiator sebagai pendingin mesin..?Ada yang bilang mobil ma...
Tips cara menguras Radiator dengan mudah dan benar Jadiberkah.com | Radiator adalah salah satu komponen otomotif yang terbilang cukup penting dan tidak luput untuk diperhatikan dalam perawatan,karena b...
Previous
Next

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.