ย  ย 

Amal Jariyah Renovasi Pembangunan Masjid Al Barokah Kebumen

Jadiberkahcom | Amal Jariyah pembangunan masjid Al Barokah Kebumen.

Bismilahirohmanirohim,Assalamualaikum Wb,WB
Dari Jabir bin โ€˜Abdillah radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุจูŽู†ูŽู‰ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู‹ุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽู…ูŽูู’ุญูŽุตู ู‚ูŽุทูŽุงุฉู ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุตู’ุบูŽุฑูŽ ุจูŽู†ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู

โ€œSiapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.โ€ (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Mafhash qathaah dalam hadits artinya lubang yang dipakai burung menaruh telurnya dan menderum di tempat tesebut. Dan qathah adalah sejenis burung.

Ibnu Hajar dalam Al-Fath (1: 545) menyatakan,

(ู…ูŽู†ู’ ุจูŽู†ูŽู‰ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู‹ุง) ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูƒููŠุฑ ูููŠู‡ู ู„ูู„ุดู‘ููŠููˆุนู ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ูููŠู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุจููŠุฑ ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽุบููŠุฑ ุŒ ูˆูŽูˆูŽู‚ูŽุนูŽ ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุฃูŽู†ูŽุณ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุชู‘ูุฑู’ู…ูุฐููŠู‘ู ุตูŽุบููŠุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุจููŠุฑู‹ุง

โ€œMaksud dari โ€œsiapa yang membangun masjidโ€ digunakan isim nakirah yang menunjukkan keumuman, sehingga maksud hadits adalah siapa yang membangun masjid besar maupun kecil. Dalam riwayat Anas yang dikeluarkan oleh Tirmidzi yang mendukung yang menyatakan dengan masjid kecil atau besar.โ€

Baca Lainya:  yayasan yatim piatu Nahdlatul ishlahiyah karawang

Masih melanjutkan penjelasan Ibnu Hajar, yang diterangkan dalam hadits di atas adalah cuma bahasa hiperbolis. Karena tak mungkin tempat burung menaruh telur dan menderum yang seukuran itu dijadikan tempat shalat. Ada riwayat Jabir semakin memperkuat hal ini.

Sebagian ulama lainnya menafsirkan hadits tersebut secara tekstual. Maksudnya, siapa membangun masjid dengan menambah bagian kecil saja yang dibutuhkan, tambahan tersebut seukuran tempat burung bertelur; atau bisa jadi caranya, para jamaโ€™ah bekerja sama untuk membangun masjid dan setiap orang punya bagian kecil seukuran tempat burung bertelur; ini semua masuk dalam istilah membangun masjid. Karena bentuk akhirnya adalah suatu masjid dalam benak kita, yaitu tempat untuk kita shalat.

Berarti penjelasan Ibnu Hajar di atas menunjukkan bahwa jika ada yang menyumbang satu sak semen saja atau bahkan menyumbang satu bata saja, sudah mendapatkan pahala untuk membangun masjid masya Allah.

Baca Lainya:  Donasi untuk ibu Niran Operasi

Yang Penting Ikhlas Ketika Menyumbang

Berapa pun besar sumbangan untuk masjid harus didasari niatan ikhlas karena Allah. Karena yang dimaksud lillah, kata Ibnu Hajar adalah ikhlas (karena Allah). (Fath Al-Bari, 1: 545). Jadi, pahala besar membangun masjid yang disebutkan dalam hadits yang kita kaji bisa diraih ketika kita ikhlas dalam beramal, bukan untuk cari pujian atau balasan dari manusia.

Kami Panitia Pembangunan Rehab Masjid Al Barokah Wonokromo Alian Kebumen, yang saat ini sedang menyelesaikan tahap akhir membangun :

  1. Rehab Total Kulah Masjid Al Barokah Wonokromo Alian Kebumen
  2. Penambahan Gudang Kering Masjid Al Barokah Wonokromo Alian Kebumen
  3. Finishing Lantai 2 Masjid Al Barokah Wonokromo Alian Kebumen

Dengan rasa hormat dan terima kasih kami Siap menerima dan menyalurkan bantuan Amal JARIYAH untuk Masjid Al Barokah
Alamat: Dukuh Krajan RT/RW:06/01,Desa Wonokromo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen,Jawa tengah

Baca Lainya:  Donasi untuk pengobatan Dava andika putra

Sesuai dengan PERUNTUKANNYA.

Hutang Panitia terhadap Toko Bangunan dan Tenaga Kerja sampai sore ini berjumlah = Rp. 33,198,000, – (Tiga puluh tiga juta seratus sembilan puluh delapan ribu rupiah)

Sampai akhir Rehab, Insya Allah kurang Anggaran sekitar = Rp. 55,000,000,- (Lima puluh lima juta rupiah)

Bagi para Yth. Donatur Tersebut diatas yang hendak Transfer untuk amal jariyah rehab pembangunan masjid Al Barokah,
Anda bisa Transfer ke Nomor Rekening ada di sini. Dan bagi semuanya yang telah Transfer Mohon Konfirmasi kepada kami.

No. Rek BRI: 0032-01-020941-50-6
Atas nama: Pujiman,S.ag
Telp/Wa: 081-327-493-909

Demikian untuk diketahui dan terima kasih atas bantuan dan Dukungannya.

ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
Ketua Panitia Pembangunan Rehab Masjid Al Barokah Wonokromo Alian Kebumen
Ttd
Pujiman, S.Ag

Wassalamu’alaikum Wr,Wb

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.