Mengenal Fintech,Apa itu Fintech

Jadiberkah.com – Mengenal Fintech,Apa itu fintech..?Sistem Keuangan Berbasis Teknologi di Era Digital .
Jika dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu, teknologi telah mengalami perkembangan pesat. Tidak hanya di bidang teknologi itu sendiri, tetapi juga merambah ke bidang lain. Keuangan tidak terkecuali. Berkat perkembangan teknologi, berbagai kegiatan keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis untuk menghemat waktu dan energi.

Mulai dari transaksi melalui smartphone, membayar dengan e-Money, bahkan hingga melakukan investasi, semuanya sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi fintech adalah bagian dari semua ini.

Apa yang dimaksud dengan fintech?
Ya, dalam beberapa tahun terakhir istilah fintech telah menjadi topik pembicaraan. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan fintech? Fintech adalah singkatan dari teknologi keuangan, yang merupakan kombinasi dari teknologi dan sistem keuangan. Menurut National Digital Research Center (NDRC), fintech mengacu pada inovasi dalam jasa keuangan atau inovasi keuangan yang diberi sentuhan teknologi modern.
Definisi tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang dijelaskan oleh Bank Indonesia. Di situs resminya, Bank Indonesia mendefinisikan teknologi keuangan sebagai hasil kombinasi teknologi dan layanan keuangan, yang mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Jadi, yang awalnya harus melakukan transaksi secara langsung atau tatap muka, sekarang dapat dilakukan bahkan dari jarak jauh dalam hitungan detik.

Berkat penggunaan teknologi yang dikombinasikan dengan sistem keuangan, fintech juga berhasil memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan. Dari memfasilitasi layanan keuangan hingga mendukung inklusi keuangan, berikut adalah beberapa manfaat fintech yang perlu Anda ketahui.

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh fintech adalah kemudahan jasa keuangan, mungkin manfaat yang satu ini paling terasa. Coba bandingkan dengan sepuluh tahun lalu. Ketika Anda ingin mentransfer uang, Anda mungkin harus pergi ke ATM atau teller di bank. Ini tentu cukup merepotkan karena membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi jika harus antri, tentu saja semakin banyak waktu yang terbuang.

Namun, hal-hal seperti itu dapat disederhanakan berkat kehadiran fintech. Sekarang, Anda dapat mentransfer uang hanya melalui smartphone. Bahkan beberapa layanan fintech juga memungkinkan Anda membayar berbagai tagihan bulanan, misalnya listrik, telepon, dan BPJS. Anda juga dapat menghemat waktu dan energi karena Anda tidak perlu meninggalkan rumah untuk melakukan transaksi ini.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Untuk kita semua,amin

Kontributor dan penulis : Jefri widiarta

Baca Lainya:  Cara menjadi orang cerdas teknologi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.