Dampak teknologi di sektor kesehatan


Jadibeekah.com – Dampak Teknologi di Sektor Kesehatan.
Perkembangan teknologi saat ini berkembang lebih pesat, terutama di era revolusi industri 4.0. Berbagai produk teknologi di berbagai bidang juga telah muncul, sehingga memudahkan kita untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan.

Di bidang komunikasi misalnya, kita semakin mudah berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.
Dampak Positif Teknologi di Sektor Kesehatan
Munculnya berbagai alat canggih untuk mendukung kesehatan seseorang adalah bukti dampak positif teknologi di sektor kesehatan. Berikut ini adalah dampak positif dari teknologi di sektor kesehatan.
Banyak ditemukan berbagai alat untuk menggantikan organ yang telah rusak. misalnya, untuk seseorang yang buta, sekarang proses transplantasi mata dapat dilakukan. Seseorang yang buta dapat disembuhkan oleh donor mata dari orang lain. sama halnya di tubuh orang lain seperti ginjal dan jantung.

Di internet atau di tayangan video lainnya, Anda sering melihat proses operasi plastik. Operasi plastik juga merupakan salah satu bentuk produk pengembangan teknologi di sektor kesehatan. Seseorang yang ingin terlihat berbeda dari wajah aslinya dapat melakukan operasi plastik ini. Operasi plastik ini juga bisa dilakukan untuk menutupi cedera akibat kecelakaan yang menimpa seseorang.

Banyak aplikasi muncul untuk mengatur gaya hidup sehat. Misalnya aplikasi olahraga, aplikasi kontrol diet, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui app store di ponsel. Munculnya berbagai alat untuk mengolah limbah, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih karena limbah tersebut berhasil diolah dengan baik.

Kelangsungan hidup manusia tidak akan terganggu oleh sampah.
Dampak Negatif Teknologi di Sektor Kesehatan
Selain dampak positif, perkembangan teknologi di sektor kesehatan juga memiliki dampak negatif. Berikut ini menyajikan beberapa dampak negatif yang timbul dari perkembangan teknologi di sektor kesehatan.

Radiasi yang disebabkan oleh berbagai produk teknologi dapat menyebabkan berbagai penyakit baru. Salah satunya adalah kanker. Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Selain itu, penyembuhan kanker juga menggunakan zat radioaktif yang muncul dari berbagai perangkat medis. Ini juga bisa memicu munculnya penyakit baru.
Radiasi yang disebabkan oleh ponsel atau komputer juga dapat merusak penglihatan. Karena itu, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan alat ini. Jangan terlalu dekat saat menggunakannya. Berikan jarak sekitar 30 cm dari mata Anda.

Teknologi seperti gadget juga berpotensi menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. Pada anak-anak gejala yang muncul adalah kecanduan game online atau kecanduan menonton video di Youtube. Demikian pula, pada orang dewasa, mereka juga cenderung lebih senang menghabiskan waktu dengan gadget daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Inilah yang perlu kita waspadai dan harus hati-hati dalam menghadapinya.

Banyak informasi yang beredar tentang kesehatan yang tidak patut di internet juga harus waspada.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semuan,amin

Kontributor dan penulis : Jefri widiarta

Baca Lainya:  Alamat dan Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Rumah Sakit Fikri Medika Karawang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.