Ciri ciri emas asli dan palsu yang wajib anda ketahui sebelum investasi

Jadiberkah.com ‚Äď Ciri ciri Emas asli dan palsu yang wajib anda tahu sebelum investasi. Asalamualaikum teman teman jadi berkah dimanapun anda berada semoga kita semua diberi kesehatan dan keberkahan,amin.

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengetahui cara membedakan antara emas asli dan emas palsu atau fake gold. Buat anda yang sedang ada niatan untuk investasi emas tentu anda harus tahu dan hati hati agar emas yang kita beli adalah benar benar asli dan tidak mudah tertipu saat kita membeli emas di toko apalagi sistem per orangan itu sangat rentan modus penipuan penjualan emas yang ternyata emas tersebut adalah palsu,tentu hal tersebut tidak ingin kita inginkan.

Investasi emas adalah pilihan yang sangat tepat karena emas akan terus naik mengikuti harga emas dunia dan sangat tepat untuk investasi masa depan untuk jangka panjang.

Dalam membeli emas sebetulnya bisa dibilang gampang gampang susah untuk kita bisa membedakan antara emas yang asli dan emas yang palsu,apalagi anda adalah pemula yang baru saja ingin mencoba membeli emas untuk investasi tentu sebaiknya anda lebih hati hati dan teliti.untuk lebih yakin lagi anda bisa simak ulasan berikut ini agar kita bisa lebih paham apa ciri ciri emas asli sebagai berikut:

Berikut 7 Ciri ciri emas asli dan emas palsu sebelum anda ber investasi dan cara membuktikanya.

  • Bentuk fisik
Baca Lainya:  Awas hati hati penipuan situs prakerja

Perlu diketahui teman teman bahwa dari segi bentuk fisik emas asli dan emas palsu bisa dilihat perbedaanya.biasanya anda bisa ketahui dari tanda khusu dari emas murni atau batangan misal di antara ada cap yang yang berfungsi menandakan kadar emas tersebut dan biasanya kode tersebut menggunakan satuan fineness.biasanya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka tersebut mulai dari 10k,18k dan 24k.

  • Dengan cara di gosok.

Cara selanjutnya adalah dengan cara di gosok ,dengan cara ini dapat membedakan antara emas asli dan emas palsu.anda bisa mencoba dengan cara menggosok pada telapak tangan atau dengan telunjuk.bila emas tersebut anda gosok ternyata warna emas tersebut pudar dan tidak seragam maka bisa dipastikan emas tersebut palsu dan begitu juga sebaliknya.

  • Dengan cara di gigit

Cara selanjutnya untuk membedakan antara emas palsu dan emas asli adalah dengan cara di gigit.dengan cara ini anda bisa lakukan.perlu diketahui bahwa emas merupakan logam mulia yang sangat lunak.bila penjual menjual emas dengan kadar tinggi maka emas tersebut dan anda bisa cek kelunakanya dan anda bisa cek dengan mudah.karena dengan emas dengan kadar karat yang tinggi maka akan emas tersebut semakin lunak

Cara tersebut adalah cara membedakan emas asli dan palsu ¬†paling mudah adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah anda digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas tersebut asli. Walaupun demikian, sangat anda disarankan sekali agar Anda tidak terburu‚Äďburu membelinya. Karena bisa jadi material Dengan magnet

Baca Lainya:  Apa itu OMNIBUS LAW Sebenarnya

Cara selajutnya cara membedakan emas asli dan emas palsu yaitu dengan cara mendekatkan emas pada magnet.Emas pada dasarnyamerupakan  termasuk logam yang mempunyai sifat non magnetis. Dan Itu berarti jika anda didekatkan dengan magnet, emas tersebut tidak akan tertarik atau pun menempel pada magnet. Perlu diingat juga, bahwa dalam prsoses pengujian satu ini tak berarti emas yang Anda miliki terjamin keasliannya, karena masih ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki sifat non magnetis.

  • Menggoreskan dengan keramik atau kertas

Cara selanmjutnya cara  mengetahui mana emas asli dan palsu adalah dengan menggunakan keramik atau keras dengan cara menggoreskanya. Bila  emas digoreskan ke keramik atau kertas maka emas asli tidak akan  menyisahkan bekas, itu artinya emas tersebut adalah benar asli. Tidak ada  goresan yang tertinggal pada keramik atau kertas bisa jadi petunjuk bahwasannya emas tersebut asli. Tetapi perlu di ingat bila  Anda perhatikan dengan menggunakan caratersebut  yang digunakan ini bisa beresiko merusak emas tersebut.

  • Meneteskan asam

Cara selanjutnya untuk membedakan emas asli dan palsu adalah biasanya digunakan oleh para pedagang emas dan toko perhiasan. Jika teman  ingin melakukannya sendiri, maka di lakukan dengan sangat hati hati, karena  cairan asam nitrat adalah cairan yang cukup berbahaya sekali bagi tubuh dan pernafasan. Perlu diketahui Dengan Cara yang digunakan cukup mudah sekali, yaitu dengan meneteskan asam nitrat ke emas lalu amati reaksinya.

Baca Lainya:  Tutorial cara membuat website pemula sampai bisa|Part 1

Perlu diketahui teman teman Jika berubah jadi warna hijau, itu artinya logam tersebut  adalah besi yang diberi lapisan emas, dan  tetapi jika berubah jadi warna kuning, berarti ini adalah kuningan yang beri lapisan emas. Sedangkan  jika berubah jadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Dan bila  jika tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli.

  • Cek ke Butik LM Terdekat

Cara selanjutnya adalah yang terakhir ini cocok banget untuk Anda yang tidak mau ribet dengan cara‚Äďcara di atas. Silakan anda ¬†bawa emas yang sudah Anda beli ke butik Antam LM terdekat. Anda akan dilayani Petugas di butik Antam LM terdekat nanti akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Dan anda tak perlu ragu karena Petugas butik Antam LM terdekat biasanya sudah terbiasa kenali emas asli dan palsu, jadi apa yang ia bilang biasanya selalu tepat.

  • Gunakan Aplikasi CertiEye

Anda juga bisa cek dengan metode metode  untuk emas batangan Antam dengan kemasan terbaru. Anda bisa coba menggunakan aplikasi CertiEye di smartphone untuk mengetahui apakah emas batangan yang dimiliki merupakan emas asli atau palsu.

Sumber referensi: logammulia.com

Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.